Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Sabtu, 20 Mei 2023

Ukraina Tembak Jatuh Enam Rudal Hipersonik Rusia

Foto dari Kementerian Situasi Darurat Ukraina menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang disebabkan oleh pecahan roket Rusia setelah ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara pada malam serangan roket Rusia di Kiev, Ukraina, pada Selasa (16/5) dini hari. (Foto: Kementerian Situasi Darurat Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pertahanan udara Ukraina, didukung oleh sistem canggih yang dipasok Barat, menggagalkan serangan udara intens Rusia di Kiev hari Selasa (16/5) pagi, menembak jatuh semua rudal yang ditujukan ke ibu kota, kata para pejabat.

Pengeboman, yang menargetkan lokasi di seluruh Ukraina, termasuk enam rudal hipersonik aerobalistik Rusia, Kinzhal, yang paling banyak ditembakkan dalam satu serangan dalam perang sejauh ini, menurut juru bicara angkatan udara Ukraina, Yurii Ihnat.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah berulang kali menggembar-gemborkan Kinzhals sebagai memberikan keunggulan kompetitif strategis utama dan di antara senjata paling canggih di gudang senjata negaranya. Rudal sulit dideteksi dan dicegat karena kecepatan hipersonik dan kemampuan manuvernya.

Jika klaim Ukraina telah menembak jatuh enam tembakan pada hari Selasa dikonfirmasi, itu akan menandai pukulan lain bagi upaya perang Putin dan menunjukkan peningkatan efektivitas pertahanan udara negara itu.

Juru bicara angkatan udara, Ihnat, yang mengatakan pada bulan Maret bahwa Ukraina tidak memiliki peralatan untuk mencegat Kinzhals, pada hari Selasa tidak menjelaskan sistem apa yang digunakan untuk menjatuhkan mereka. Sejak Maret, negara-negara Barat telah memasok Ukraina dengan berbagai sistem pertahanan udara.

Rusia menembakkan Kinzhal dari pesawat tempur MiG-31K, bersama dengan sembilan rudal jelajah dari kapal di Laut Hitam dan tiga rudal jelajah S-400 diluncurkan dari darat, kata Ihnat. Secara keseluruhan, militer Ukraina kemudian mengatakan, Rusia telah menargetkan Ukraina dengan 27 rudal dalam sehari dan meluncurkan 37 serangan udara.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada Selasa malam menentang klaim Ukraina, mengatakan kepada kantor berita RIA-Novosti yang dikelola negara: "Kami belum meluncurkan Kinzhal sebanyak yang diduga mereka tembak jatuh setiap kali dengan pernyataan mereka."

Ledakan keras menggelegar di Kiev dalam serangan besar malam hari yang tampaknya ditujukan untuk membuat pertahanan udara Ukraina kewalahan. Walikota Kiev melaporkan tiga orang terluka.

Rentetan itu terjadi ketika para pemimpin Eropa mencari cara baru untuk menghukum Rusia atas perang dan seorang utusan China mencari daya tarik untuk proposal perdamaian Beijing, yang tampaknya hanya memberi sedikit kesan pada pihak yang bertikai. Itu juga terjadi ketika Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pulang dari tur Eropa untuk mencari lebih banyak bantuan militer.

Serangan semalam di Kiev "luar biasa dalam kepadatannya, jumlah maksimum rudal yang menyerang dalam waktu singkat," kata Serhii Popko, kepala administrasi militer Kiev.

Warga Kiev, Valentyna Myronets, 64 tahun, mengatakan dia merasakan "sakit, takut, gugup, gelisah" di tengah serangan itu. “Ya Tuhan, kami sedang menunggu kemenangan dan ketika semua ini berakhir,” katanya.

Duta Besar Inggris, Melinda Simmons, tweeted bahwa rentetan itu "cukup intens." “Dinding yang berguncang bukanlah malam yang mudah,” tulisnya.

Itu adalah kedelapan kalinya bulan ini serangan udara Rusia menargetkan ibu kota, peningkatan yang jelas setelah jeda beberapa pekan dan menjelang serangan balik Ukraina yang sangat dinanti menggunakan senjata canggih Barat yang baru dipasok.

Setelah serangan pertama, Rusia juga meluncurkan drone serang Shahed buatan Iran dan melakukan pengintaian udara, kata Ihnat. Puing-puing jatuh di beberapa distrik di ibu kota, memicu kebakaran, kata Walikota Kyiv Vitali Klitschko.

Sistem pertahanan udara Barat yang canggih, termasuk rudal Patriot buatan Amerika, telah membantu menyelamatkan Kiev dari jenis kehancuran yang disaksikan di sepanjang garis depan utama di timur dan selatan negara itu. Sementara sebagian besar pertempuran darat terhenti di sepanjang garis depan itu, kedua belah pihak menargetkan wilayah lain dengan senjata jarak jauh.

Perkembangan Lain Perang Ukraina:

  1. Pasukan Ukraina merebut kembali sekitar 20 kilometer (7,7 mil persegi) wilayah utara dan selatan Bakhmut sejak pekan lalu, tetapi pasukan Rusia melanjutkan kemajuan mereka di dalam kota, kata wakil menteri pertahanan Ukraina pada hari Selasa. “Pertempuran sengit berlanjut dengan hasil yang berbeda-beda,” kata Hanna Malyar di Telegram. Kepala wilayah Donetsk yang sebagian diduduki Rusia, Denis Pushilin, mengatakan kepada TV pemerintah Rusia bahwa pasukan Rusia di dekat Bakhmut telah memperkuat sayap mereka dalam menghadapi keberhasilan Ukraina.
  2. Kepala intelijen Ukraina membuat pengakuan langka pada hari Selasa (16/5) atas keterlibatan negaranya dalam pembunuhan pejabat Rusia. Dalam sebuah wawancara yang diposting di YouTube dengan seorang jurnalis Ukraina, Kyrylo Budanov menjawab pertanyaan tentang kematian "penyebar propaganda Rusia" dengan mengatakan: "Kami sudah mendapatkan banyak orang." Dia menolak untuk memberikan rincian apapun.
  3. Dalam skandal korupsi terbaru Ukraina, yang membuat kepala Mahkamah Agung ditahan karena dugaan suap pada hari Senin, kepala Biro Antikorupsi Nasional Ukraina, Semen Kryvonos, mengidentifikasi tersangka utama dalam kasus tersebut sebagai raja pertambangan Kostiantyn Zhevago. Zhevago ditangkap di Pegunungan Alpen Prancis pada Januari karena dicurigai menggelapkan puluhan juta dolar.
  4. Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, mengatakan rekan-rekannya dari Rusia dan Ukraina telah sepakat untuk memisahkan pertemuan dengan delegasi para pemimpin Afrika untuk membahas kemungkinan rencana untuk mengakhiri perang. Kantor Ramaphosa mengatakan dia berbicara dengan Putin dan Zelenskyy melalui telepon selama akhir pekan dan mereka setuju untuk menjadi tuan rumah "misi perdamaian pemimpin Afrika" masing-masing di Moskow dan Kiev. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home