Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:50 WIB | Jumat, 17 Maret 2023

Rusia Gunakan Rudal Hipersonik untuk Serang Ukraina

Rudal jelajah jarak jauh Kalibr diluncurkan oleh kapal Angkatan Laut Rusia di Mediterania timur, Jumat, 19 Agustus 2016. Rentetan rudal terbaru Rusia terhadap infrastruktur sipil Ukraina pada Kamis, 9 Maret 2023 telah menandai salah satu serangan terbesar dalam beberapa bulan. Kapal perang Rusia telah menembakkan rudal jelajah Kalibr ke sasaran di Ukraina. (Foto: dok. Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rentetan serangan peluru kendali (rudal) Rusia terbaru terhadap infrastruktur sipil Ukraina telah menandai salah satu serangan terbesar dalam beberapa bulan.

Pada hari Kamis (/3), Rusia menembakkan lebih dari 80 rudal dalam upaya besar-besaran untuk mengalahkan pertahanan udara Ukraina dan melumpuhkan sistem energi negara itu.

Rusia telah secara teratur meluncurkan serangan serupa sejak bulan Oktober dalam upaya untuk melemahkan semangat penduduk dan memaksa pemerintah Ukraina untuk tunduk pada tuntutan Kremlin.

Serangan hari Kamis berbeda dari serangan sebelumnya, dengan menembakkan lebih banyak rudal hipersonik canggih yang merupakan senjata paling canggih di gudang senjata Rusia. Tapi seperti rentetan sebelumnya, hal itu gagal menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan energi negara, dengan kru perbaikan dengan cepat memulihkan pasokan listrik ke sebagian besar wilayah.

Berikut ini adalah serangan rudal Rusia terbaru dan senjata yang terlibat:

Apa pendapat Pejabat Ukraina dan Rusia?

Kepala militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi, mengatakan bahwa Rusia meluncurkan 81 rudal dan delapan drone Shahed buatan Iran yang meledak dalam serangan hari Kamis pagi, dan pertahanan udara Ukraina menjatuhkan 34 rudal dan empat drone.

Menurut Zaluzhnyi, rudal itu termasuk enam rudal hipersonik Kinzhal, senjata paling canggih di gudang senjata Rusia. Juru bicara angkatan udara Ukraina, Yurii Ihnat, menekankan bahwa Ukraina tidak memiliki aset untuk mencegat Kinzhal dan rudal Kh-22 yang lebih tua yang juga digunakan dalam serangan hari Kamis.

Kementerian Pertahanan Rusia menggambarkan serangan itu sebagai "serangan pembalasan" sebagai pembalasan atas apa yang Moskow gambarkan sebagai serangan lintas batas oleh penyabot Ukraina yang menyerang dua desa di wilayah Bryansk di Rusia barat pekan lalu.

Sekelompok orang Rusia yang mengasingkan diri yang bertempur bersama pasukan Ukraina mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, sementara Ukraina membantah terlibat. Moskow tidak mengatakan berapa banyak rudal yang ditembakkan, tetapi mengklaim mereka mencapai target yang ditentukan.

Apa Beda Rentetan Serangan Terbaru dari Sebelumnya?

Analis militer mencatat bahwa jumlah rudal Kinzhal yang digunakan dalam serangan hari Kamis secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan serangan sebelumnya, yang biasanya melibatkan tidak lebih dari beberapa senjata semacam itu.

Kinzhal adalah salah satu senjata Rusia terbaru dan tercanggih. Militer Rusia mengatakan rudal balistik yang diluncurkan dari udara memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer (sekitar 1.250 mil) dan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, sehingga sulit untuk dicegat. Kombinasi kecepatan hipersonik dan hulu ledak yang berat memungkinkan Kinzhal menghancurkan target yang dijaga ketat, seperti bunker bawah tanah atau terowongan gunung.

Rusia telah menggunakan Kinzhal untuk menyerang sasaran di Ukraina mulai dari hari-hari awal invasi, tetapi telah menggunakan senjata mahal itu dengan hemat dan terhadap target prioritas, tampaknya mencerminkan jumlah kecil Kinzhal yang tersedia.

Target yang tepat untuk serangan Rusia dan kerusakan yang dihasilkan masih belum jelas, karena pihak berwenang Ukraina telah menjaga kerahasiaan informasi tersebut untuk menghindari memberi Rusia petunjuk untuk merencanakan serangan di masa depan. Juga tidak jelas rudal apa yang digunakan Rusia untuk menyerang fasilitas yang ditargetkan, meskipun pejabat Barat dan analis militer berpendapat bahwa Rusia menghadapi kekurangan senjata canggih, dengan produksi baru terlalu lambat untuk mengimbangi jumlah yang sudah dihabiskan.

Kementerian Pertahanan Inggris mencatat pada hari Jumat (10/3) bahwa interval antara serangan rudal Rusia telah tumbuh lebih besar, mungkin “karena Rusia sekarang perlu menimbun sejumlah besar rudal yang baru diproduksi langsung dari industri sebelum dapat melakukan serangan yang cukup besar untuk secara kredibel menghujani pertahanan udara Ukraina.”

Kinzhal dibawa oleh jet tempur MiG-31, beberapa di antaranya berbasis di Belarusia. Rusia telah menggunakan wilayah sekutunya sebagai tempat persiapan untuk invasi dan mempertahankan pasukan dan senjatanya di sana.

Senjata Lain Apa Yang Digunakan Rusia?

Militer Ukraina mengatakan bahwa serangan hari Kamis juga termasuk enam rudal Kh-22 yang lebih tua, yang diluncurkan oleh pembom berat Tu-22M dan terbang lebih dari tiga kali kecepatan suara.

Senjata besar, yang memiliki jangkauan 600 kilometer (370 mil) dan berasal dari tahun 1970-an, dirancang oleh Uni Soviet untuk menyerang kapal induk Amerika Serikat dan kapal perang lainnya. Ini mengemas pukulan besar berkat kecepatan supersoniknya dan beban berat 630 kilogram (hampir 1.400 pon) bahan peledak, tetapi sistem panduannya yang ketinggalan jaman dapat membuatnya sangat tidak akurat terhadap target darat, meningkatkan kemungkinan kerusakan tambahan.

Seperti dalam serangan sebelumnya, Rusia juga menembakkan rudal jelajah modern Kh-101 yang dibawa oleh pembom strategis dan rudal jelajah Kalibr yang diluncurkan oleh kapal perang. Rudal presisi tinggi jarak jauh itu bersifat subsonik dan militer Ukraina mengatakan telah berhasil menyerang mereka.

Perlengkapan lain dalam serangan Rusia adalah rudal pertahanan udara S-300 yang digunakan Rusia terhadap sasaran darat pada jarak yang relatif lebih kecil dari garis depan. Sementara hulu ledaknya yang relatif kecil tidak memiliki pukulan senjata yang lebih besar yang dirancang untuk mencapai sasaran darat. Rusia tampaknya memiliki stok besar rudal semacam itu dan Ukraina tidak dapat mencegatnya.

Rusia juga telah menggunakan beberapa rudal peluncuran udara jarak pendek yang dibawa oleh jet tempur dan pesawat tak berawak Iran. Pejabat Ukraina mengatakan bahwa militer semakin berhasil dalam menangani mereka, menjatuhkan sebagian besar drone yang diluncurkan di setiap serangan.

Para pejabat dan ahli Ukraina mengatakan bahwa dengan menggunakan berbagai jenis rudal serta drone dalam satu serangan besar-besaran, Rusia mencoba untuk menghujani rudal terhadap pertahanan udara Ukraina.

“Jauh lebih sulit bagi pertahanan udara Ukraina untuk menghadapi serangan ketika mereka meluncurkan kumpulan rudal balistik dan biasa bersama dengan drone,” kata Zhdanov. “Rusia telah mencari titik lemah dalam pertahanan udara Ukraina dan sebagian berhasil.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home