Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:01 WIB | Rabu, 04 November 2015

Ummi Apresiasi Perjuangan Tim di Kejurnas Catur ke-45

Ummi Apresiasi Perjuangan Tim di  Kejurnas Catur ke-45
Para Pecatur Putri yang menjadi juara di nomor Junior Putri A Kejurnas Catur ke-45, dari kiri ke kanan: Nadia Anggraini dari Jawa Timur (paling kiri, kaus putih, juara ketiga), Ummi Fisabilillah dari DKI Jakarta (tengah, jaket merah), dan Dita Karenza dari Jawa Barat hari Selasa (3/11) malam WIB di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. (kaus biru, paling kanan). (Foto: Prasasta Widiadi).
Ummi Apresiasi Perjuangan Tim di  Kejurnas Catur ke-45
Pecatur putri DKI Jakarta, Ummi Fisabilillah (kiri) dan pecatur Putri Jawa Barat Dita Karenza (kemeja biru) pada Babak III Kejurnas Catur ke-45 hari Jumat (30/10).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pecatur putri Kontingen DKI Jakarta, Ummi Fisabilillah mengapresiasi perjuangan rekan-rekannya yang bekerja keras menyumbangkan medali untuk Kontingen DKI Jakarta di Kejurnas Catur ke-45, bahkan keluar sebagai juara.

“Ya bagus ini memang juara umum, tapi kemarin kita berhasil juara karena tahun kemarin jawa barat nggak ikut, trus sekarang jawa barat ada,” kata Ummi kepada satuharapan.com, setelah acara Penutupan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45 Tahun 2015 hari Selasa (3/11) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.   

Ummi menyebut biasanya lawan tangguh Kontingen DKI Jakarta adalah Jawa Barat dan Jawa Timur. “Mereka (Jawa Barat dan Jawa Timur, Red) sering langganan juara  soalnya mereka kan pemainya banyak banget, kan. Kalau DKI kan cuma sedikit,” Ummi menambahkan.

Ummi di Kejurnas Catur ke-45 berada di urutan kedua nomor Junior Putri A (nomor yang didedikasikan bagi pecatur usia 19 tahun atau sesudahnya). Ummi berada di urutan kedua dengan nilai 8, terpaut 0,5 poin dari pecatur Kontingen Jawa Barat Dita Karenza, namun Ummi unggul atas pecatur Jawa Timur, Nadia Anggraini yang meraih nilai 7.  

“Kemarin sih, waktu lawan Dita sebenarnya remis, cuman saya kalah waktu lawan Jawa Timur (pecatur Putri Jawa Timur, Fariha Mariroh, Red),” kata Ummi.

Ummi menjelaskan bahwa dalam waktu dekat dia tidak ingin terlalu lama euforia atas pencapaian di Kejurnas Catur ke-45, dia bersiap-siap untuk Kualifikasi PON (Pekan Olah Raga Nasional) 2016 yang akan diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

“Kalau Pra PON itu kan ada catur beregu sama perorangan, saya belum tahu mau main di catur perorangan atau beregu,  saya siap aja yang disuruh pelatih,” kata Ummi.

Pada Kejurnas Catur 2014 yang diselenggarakan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Provinsi DKI Jakarta meraih juara umum sebab berhasil mengumpulkan 11 medali emas, 6 perak, dan 4 perunggu, posisi kedua diikuti Provinsi Jawa Tengah yang mengumpulkan 5 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Pada peringkat ketiga diduduki Provinsi Jawa Timur yang mengumpulkan 4 medali emas, 4 perak, dan 12 perunggu.

Klasemen Akhir Perolehan Medali Kejurnas Catur ke-45

Dalam perhelatan Kejurnas Catur ke-45 tahun 2015 yang digelar Pengurus Besar Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi)  DKI Jakarta menjadi juara umum dengan perolehn total 6 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Rekapitulasi Perolehan Medali (hanya provinsi yang mendapat medali emas, perak dan perunggu).

Ranking Provinsi               

  1.  DKI Jakarta 6-2-4              
  2.  Jabar         5-5-3 
  3.  Kaltim     3-0-1     
  4.  DIY            1-1-1         
  5.  Sumsel          1-1-0
  6.  Papua           1-0-0  
  7.  Jatim          0-4-3
  8.  Jateng          0-4-1 
  9.  Jambi    0-1-0    
  10.  Bali        0-1-0     
  11.  Banten      0-0-1   
  12.   Sulteng                     0-0-1         

Kejurnas Catur ke-45 total diikuti seluruh pecatur terbaik yang merupakan perwakilan dari 32 Pengprov Percasi se-Indonesia berlangsung mulai Kamis (29/1) sampai Selasa (3/11) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta  dengan format pertandingan catur standar.

Nomor Pertandingan Dan Batasan Usia

  • Kelompok Terbuka – Tanpa batasan usia.
  • Kelompok Putri – Tanpa batasan usia.
  • Junior Putra A/Putri A –  Umur 19 thn. (kelahiran 1996 atau sesudahnya)
  • Junior Putra B /Putri B  –  Umur 17 thn. (kelahiran 1998 atau sesudahnya)
  • Junior Putra C/Putri  C   –  Umur 15 thn. (kelahiran 2000 atau sesudahnya)
  • Junior Putra D/Putri D    –  Umur 13 thn. (kelahiran 2002 atau sesudahnya)
  • Junior Putra E /Putri E    –  Umur 11 thn. (kelahiran 2004 atau sesudahnya)
  • Junior Putra F /Putri F    –  Umur 9 thn. (kelahiran 2006 atau sesudahnya)
  • Junior Putra G/Putri G    –  Umur 7 thn. (kelahiran 2008 atau sesudahnya)
  • Kelompok Veteran  –   Umur 55 thn. (kelahiran 1960 atau sebelumnya)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home