Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:22 WIB | Kamis, 16 Desember 2021

Varian Omicron Berkembang Biak 70 Kali Lebih Cepat dari Delta

Virus COVID-19. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Varian baru COVID-19 yang dinamai Omicron berkembang biak 70 kali lebih cepat daripada varian Delta pada saluran pernafasan manusia, menurut sebuah studi baru.

“Para peneliti menemukan bahwa Omicron SARS-CoV-2 menginfeksi dan berkembang biak 70 kali lebih cepat daripada varian Delta dan SARS-CoV-2 asli di bronkus manusia. 

Ini mungkin yang menjelaskan mengapa Omicron dapat menularkan lebih cepat antar manusia daripada varian sebelumnya,” menurut siaran pers tim peneliti di Universitas Hong Kong.

Tingkat penggandaan yang jauh lebih tinggi dapat menjelaskan mengapa penyebarannya begitu cepat dari orang ke orang.

Para peneliti Hong Kong mencatat, ketika Omicron mencapai jaringan paru-paru, ia mereplikasi dirinya sendiri 10 kali lebih lambat daripada versi asli COVID-19, dan dapat mengakibatkan penyakit yang tidak terlalu parah.

“‘Penting untuk dicatat bahwa tingkat keparahan penyakit pada manusia tidak hanya ditentukan oleh replikasi virus, tetapi juga oleh respons imun inang terhadap infeksi,’ kata pemimpin ilmuwan Dr. Michael Chan Chi-wai.

Dia menambahkan: “Juga dicatat bahwa, dengan menginfeksi lebih banyak orang, virus yang sangat menular dapat menyebabkan penyakit dan kematian yang lebih parah meskipun virus itu sendiri mungkin kurang patogen.”

“Oleh karena itu, digabungkan dengan penelitian terbaru kami yang menunjukkan bahwa varian Omicron sebagian dapat lolos dari kekebalan dari vaksin dan infeksi masa lalu, ancaman keseluruhan dari varian Omicron kemungkinan akan sangat signifikan,” tambah Chan.

Temuan penelitian ini masih dalam tinjauan sejawat untuk publikasi.

WHO telah menyatakan bahwa Omicron, yang terdeteksi bulan lalu di Afrika Selatan, adalah varian yang mengkhawatirkan. Banyak hal tentang varian ini yang masih belum diketahui, selain tingkat penularannya yang tinggi, yang menyebabkan pembatasan perjalanan di seluruh dunia dalam upaya untuk menahan penyebarannya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home