Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:51 WIB | Kamis, 13 Agustus 2015

Vatikan Ucapkan Selamat Untuk HUT Ke-70 RI

Menteri Luar Negeri Vatikan Pietro Parolin. (Foto: cnn.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Pietro Parolin, dalam kunjungannya kepada Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, mengucapkan selamat untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya atas nama Paus Fransiscus yang saya wakili dalam kunjungan ingin menyampaikan selamat kepada segenap bangsa Indonesia atas perayaan 70 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Menlu Vatikan Kardinal Pietro Parolin di Jakarta, Selasa (11/8).

Pernyataan tersebut dia sampaikan usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri kawasan Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Pada kesempatan itu, Menlu Vatikan menyampaikan rasa hormat dan kagum terhadap pluralisme agama dan suku yang terus terjaga dengan baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Menurut Parolin, Indonesia adalah negara yang dapat menjadi "role model" (contoh yang baik) dari bentuk keharmonisan antar umat beragama.

"Saya kagum bagaimana suatu negara dengan ukuran yang sangat besar dan dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan beragam sampai saat ini mampu menjaga pluralisme dalam kehidupan berbangsa," ujar dia.

Menanggapi hal itu, Menlu RI mengatakan Indonesia dan Vatikan akan terus bekerja sama untuk meningkatkan toleransi antarumat beragama di dunia, salah satunya melalui kegiatan dialog antaragama.

Menurut dia, kegiatan "interfaith dialog" (dialog antaragama) yang dilakukan Indonesia dan Vatikan akan menjadi suatu contoh yang baik bagi seluruh umat beragama di dunia dalam menyikapi perbedaan kepercayaan yang ada.

"Interfaith dialog antara Indonesia dan Vatikan akan menjadi satu contoh yang baik, bagaimana perbedaan itu tidak harus disikapi dengan rasa tidak bersahabat. Namun, dari perbedaan itu harus disikapi dengan persahabatan, dan perbedaan itu nantinya akan memunculkan kerja sama," ujar Retno.

"Interfaith dialog (dialog antaragama) juga merupakan salah satu elemen yang baik dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan Vatikan," lanjut dia.

Pada pertemuan itu, kedua Menlu juga membahas berbagai kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vatikan.

"Kami melakukan pembicaraan yang produktif dan bersahabat, dan ada beberapa isu bilateral yang kami angkat selama pertemuan tadi. Kami sepakat bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Vatikan berjalan sangat baik," kata Menlu Retno. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home