Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:28 WIB | Kamis, 30 Maret 2023

Volodymyr Zelenskyy: Vladimir Putin Terisolasi Secara Informasi

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, melambaikan tangan setelah wawancara dengan The Associated Press di atas kereta api yang melakukan perjalanan dari wilayah Sumy ke Kiev, Ukraina, Selasa 28 Maret 2023. Dalam wawancara tersebut, Zelenskyy memperingatkan bahwa kecuali bangsanya memenangkan pertempuran berlarut-larut di kota utama Bakhmut di timur, Rusia dapat mulai membangun dukungan internasional untuk kesepakatan yang dapat mengharuskan Ukraina membuat kompromi yang tidak dapat diterima. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Sebuah tim jurnalis dari The Associated Press menghabiskan dua hari perjalanan dengan kereta api bersama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, saat ia mengunjungi kota tenggara Zaporizhzhia, yang masih menghadapi serangan rutin dari pasukan Rusia , dan kota-kota utara di wilayah Sumy yang dibebaskan tak lama setelah perang dimulai setahun lalu.

Zelenskyy jarang bepergian dengan jurnalis, dan kantor kepresidenan mengatakan perjalanan kereta dua malam dengan AP adalah yang terlama sejak perang dimulai. Berikut adalah beberapa kesimpulan dari wawancara dengan Zelenskyy saat dia kembali ke Kiev pada hari Selasa (28/3) malam.

Bantuan Senjata Barat

Sepanjang sebagian besar perang, militer Ukraina telah didukung oleh miliaran dolar amunisi dan persenjataan dari negara-negara Barat. Zelenskyy menyambut baik bantuan itu tetapi mengatakan beberapa senjata yang dijanjikan belum dikirimkan.

“Kami memiliki keputusan besar tentang Patriot, tetapi kami tidak benar-benar memilikinya,” katanya, mengacu pada sistem pertahanan udara buatan Amerika Serikat.

Tentara Ukraina telah menerima pelatihan di AS sejak Januari tentang cara menggunakan sistem Patriot, tetapi belum dikerahkan di Ukraina.

Ukraina membutuhkan 20 baterai Patriot untuk melindungi diri dari rudal Rusia, dan bahkan itu mungkin tidak cukup “karena tidak ada negara di dunia yang diserang dengan begitu banyak roket balistik,” kata Zelenskyy.

Zelenskyy menambahkan bahwa negara Eropa mengirim sistem pertahanan udara lain ke Ukraina, tetapi tidak berhasil dan mereka “harus mengubahnya lagi dan lagi.” Dia tidak menyebutkan nama negara.

Zelenskyy juga mengulangi permintaannya yang sudah lama untuk jet tempur, dengan mengatakan “kami masih belum memiliki apa-apa dalam hal pesawat tempur modern.” Polandia dan Slovakia telah memutuskan untuk memberikan jet tempur era Uni Soviet ke Ukraina, tetapi sejauh ini tidak ada negara Barat yang setuju untuk menyediakan pesawat tempur modern di tengah kekhawatiran bahwa hal itu dapat meningkatkan konflik dan menarik mereka lebih dalam.

Isolasi Vladimir Putin

Zelenskyy tidak tanggung-tanggung dalam penilaiannya terhadap Vladimir Putin dari Rusia, menyebutnya sebagai "orang yang terisolasi secara informasi" yang telah "kehilangan segalanya" selama tahun terakhir perang.

“Dia tidak memiliki sekutu,” kata Zelenskyy, menambahkan bahwa jelas bahwa bahkan China, kekuatan ekonomi yang telah lama mendukung Moskow, tidak lagi bersedia mendukung Rusia. Presiden China Xi Jinping baru-baru ini mengunjungi Putin di Rusia tetapi pergi tanpa mengumumkan dukungan terbuka untuk kampanye Moskow melawan Ukraina.

Zelenskyy menyatakan bahwa pengumuman Putin tak lama setelah kunjungan Xi bahwa dia akan memindahkan senjata nuklir taktis ke Belarusia, lebih dekat ke wilayah NATO, dimaksudkan untuk membelokkan fakta bahwa kunjungan pemimpin China itu tidak berjalan dengan baik. Putin mengatakan langkah itu bertentangan dengan keputusan Inggris untuk menyediakan lebih banyak amunisi uranium habis ke Ukraina.

Terlepas dari provokasi nuklir Putin, Zelenskyy mengatakan dia tidak yakin pemimpin Rusia itu siap menggunakan bom itu.

“Jika seseorang ingin menyelamatkan dirinya sendiri, dia benar-benar akan menggunakan ini,” katanya. "Aku tidak yakin dia siap melakukannya."

Menghindari Bencana Nuklir

Dalam rencana perjalanan Zelenskyy pekan ini adalah pertemuan dengan Rafael Mariano Grossi, kepala tamu badan energi atom PBB. Grossi berada di wilayah itu untuk mengetahui situasi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia di dekatnya, yang diambil alih Rusia tahun lalu.

Pertempuran sengit di sekitar pabrik, yang terbesar di Eropa, telah menempatkan fasilitas dan wilayah yang lebih luas dalam risiko yang signifikan. Dalam pertemuannya dengan Zelenskyy pada hari Senin, Grossi mengatakan situasinya tidak membaik.

Grossi menyerukan "zona perlindungan" di sekitar pabrik tetapi gagal menemukan persyaratan yang akan memuaskan Ukraina dan Rusia. Grossi mengatakan kepada AP pada hari Selasa (28/3) bahwa dia yakin kesepakatan sudah "hampir" tercapai. Namun, Zelenskyy, yang menentang setiap rencana yang akan melegitimasi kendali Rusia atas fasilitas tersebut, mengatakan dia kurang optimis bahwa kesepakatan sudah dekat. "Saya tidak merasakannya hari ini," katanya.

Perjuangan Mempertahankan Bakhmut

Pertempuran terpanjang dalam perang berkecamuk di kota timur Bakhmut, di mana pasukan Ukraina dan Rusia terkunci dalam konflik sengit selama tujuh bulan.

Beberapa analis militer Barat mempertanyakan mengapa Ukraina bersedia menderita begitu banyak kerugian untuk mempertahankan wilayah tersebut, dengan alasan bahwa kota tersebut tidak memiliki kepentingan strategis.

Zelenskyy berpendapat sebaliknya, dengan mengatakan kekalahan dalam perang akan memberi Rusia kesempatan. Dia meramalkan bahwa jika Rusia mengalahkan Ukraina di Bakhmut, Putin akan “menjual” kemenangan kepada komunitas internasional.

“Jika dia merasakan darah, mencium bahwa kita lemah, dia akan mendorong, mendorong, mendorong,” kata Zelenskyy, seraya menambahkan bahwa tekanan tidak hanya datang dari komunitas internasional tetapi juga dari dalam negerinya sendiri.

“Masyarakat kita akan merasa lelah,” katanya. “Masyarakat kita akan mendorong saya untuk berkompromi dengan mereka.”

Zelenskyy baru-baru ini melakukan perjalanan di dekat Bakhmut untuk kunjungan peningkatan moral dengan pasukan yang bertempur di kota yang terpukul paling parah.

Seruan untuk Sanksi Yang Lebih Keras

Sanksi Barat terhadap Rusia tidak cukup jauh, menurut Zelenskyy, yang menyerukan tindakan yang lebih luas terhadap orang-orang di lingkaran dalam Putin.

Lebih dari 30 negara, yang mewakili lebih dari setengah ekonomi dunia, telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia, termasuk pembatasan harga minyak Rusia dan pembatasan akses ke transaksi keuangan global. Barat juga secara langsung memberikan sanksi kepada sekitar 2.000 perusahaan Rusia, pejabat pemerintah, oligarki, dan keluarga mereka. Lebih dari US$58 miliar aset Rusia yang terkena sanksi telah diblokir atau dibekukan di seluruh dunia, menurut laporan terbaru dari Departemen Keuangan AS.

Zelenskyy mengatakan lebih banyak yang harus dilakukan untuk menargetkan pendukung Putin, yang “harus tahu bahwa mereka akan kehilangan semua uang mereka … semua real estat mereka di Eropa atau di dunia, kapal pesiar mereka di mana-mana.”

Perjalanan dengan Kereta Api

Sebagian besar perjalanan Zelenskyy di Ukraina dilakukan dengan kereta api. Ada beberapa pilihan lain: Perjalanan udara komersial telah dihentikan dan hamparan Ukraina, serta ketidakpastian kehidupan di negara yang dilanda perang, membuat perjalanan darat menjadi sulit.

Sistem kereta api negara, bagaimanapun, tetap sangat stabil selama perang dan sebagian besar tidak tersentuh oleh rentetan misil Rusia yang terus-menerus. Satu pengecualian penting: pemboman stasiun kereta Kramatorsk yang padat pada April 2022 yang menewaskan puluhan orang.

Meskipun Zelenskyy naik kereta api yang dikhususkan untuk dia dan delegasinya, secara umum tidak dapat dibedakan dari kereta api biru-kuning yang mengangkut orang dan barang ke seluruh negeri. Sebagian besar orang Ukraina hampir tidak melihat untuk mengakui kereta Zelenskyy saat melintasi kota-kota di pedesaan, melewati ladang yang indah dan gedung atau jembatan yang sesekali dibom. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home