Loading...
RELIGI
Penulis: Martha Lusiana 10:04 WIB | Selasa, 28 April 2015

WCC Gelar Doa Bersama untuk Orang Kristen Etiopia

Doa bersama untuk warga Kristen Ethiopia yang meninggal oleh serangan ISIS. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Church/WCC) dan Gereja Ortodoks Etiopia Tewahedo, pada Senin (27/4), menyelenggarakan doa penghormatan untuk orang-orang Kristen Etiopia di Libya yang meninggal akibat serangan ISIS pekan lalu, di Jenewa, Swiss.

Acara ini dipimpin Abba Hailegiorgis, Pemimpin Gereja Ortodoks Etiopia Tewahedo di Swiss dan dihadiri oleh Sekretaris Umum WCC Pendeta Dr. Olav Fykse Tveit dan Negash Kebret Botora, Wakil Tetap Etiopia di Kantor PBB Jenewa.

WCC bersama Gereja Ortodoks Etiopia Tewahedo berkabung atas kematian para korban dan mengecam kekerasan tersebut. Insiden tersebut merupakan urgensi untuk berkomitmen dalam solidaritas Kristen dan dalam dialog.

“Bersama-sama dengan gereja-gereja Etiopia dan orang-orang, marilah kita mengingat Kitab Matius 5:4 Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur,” ujar Tveit.

Kebret mengatakan, “negara Etiopia sangat terkejut dan ngeri saat mendengar perbuatan keji yang dilakukan terhadap saudara kami. Cara kelompok ISIS memperlakukan para korban menunjukkan ancaman bagi masyarakat lainnya.”

Meski demikian, insiden tersebut, ia melanjutkan, tidak mengubah keadaan damai yang telah tercipta sebelumnya. “Hubungan spiritual yang mendalam telah melekat dalam masyarakat Etiopia, baik Kristen, Islam, maupun penganut lainnya. Mereka hidup damai dalam semangat mengasihi, cinta, dan persaudaraa.”

Acara tersebut juga mengingat 21 warga Kristen Koptik Mesir yang meninggal dalam kondisi pada 16 Februari. Selain itu, doa juga dinaikkan bagi orang-orang yang tertawan dalam pengasingan, orang-orang yang meninggal dalam serangan xenophobia di Afrika Selatan, dan bagi mereka yang baru-baru ini meninggal di laut Mediterania, serta korban gempa di Nepal.

Pada layanan ini, pesan solidaritas juga disampaikan oleh Pendeta Fitsumbirhane Desta, wakil dari Gereja Ortodoks Tewahedo Etiopia, Melaku Kifle, mantan anggota WCC, dan Semegnish Asfaw Grosjean, eksekutif Program WCC dari Etiopia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home