Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:27 WIB | Sabtu, 19 November 2016

WHO: Zika Tidak Lagi Keadaan Darurat Internasional

Bayi dengan kepala mengecil akibat virus Zika. (Foto: dok/Ist)

SATUHARAPAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia  (WHO), pada hari Jumat (18/11) mengumumkan dalam konferensi pers online bahwa wabah virus Zika tidak lagi menimbulkan keadaan darurat kesehatan pada masyarakat dunia.

"Virus Zika tetap menjadi masalah yang sangat signifikan dan jangka panjang, tetapi tidak lagi dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata ketua komite darurat WHO, Dr. David Heymann.

Sementara itu, disebutkan Zika hanya menyebabkan gejala yang ringan pada kebanyakan orang, dan pada perempuan hamil risiko oleh virus itu adalah kelahiran bayi dengan microcephaly. Bayi ini mengalami deformasi yang mengarah ke otak dan kepala abnormal menjadi kecil.

Badan ini sangat berhati-hati untuk tidak mengabaikan risiko yang masih ditimbulkan oleh virus Zika, meskipun menyatakan tidak lagi dalam keadaan darurat.

"Kami tidak merendahkan" virus Zika, kata Dr Peter Salama, direktur program darurat kesehatan WHO.

Badan ini percaya "virus Zika dan konsekuensi yangterkait tetap menjadi tantangan kesehatan masyarakat  yang signifikan dan panjang. Hal itu membutuhkan tindakan intensif, namun tidak lagi mewakili" keadaan darurat kesehatan global, katanya dalam sebuah pernyataan.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home