Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:49 WIB | Jumat, 17 Juni 2016

YLKI: Mudik Gratis Sebaiknya Diprioritaskan bagi Pemotor

Pemudik bersepeda motor. (Foto: Antara/Oky Lukmansyah)

JAKARTA, SAHARAPAN.COM  - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, mengatakan mudik gratis yang diadakan berbagai pihak sebaiknya diprioritaskan bagi pemudik bersepeda motor.

"Tujuan penyelenggaraan mudik gratis sebaiknya difokuskan untuk menekan penggunaan sepeda motor yang akhir-akhir ini semakin marak, dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas," kata Tulus melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (17/6).

Tulus mengatakan, mudik gratis yang dikhususkan untuk pemudik bersepeda motor saat ini baru dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dengan kapasitas 15.000 orang saja.

Menurut Tulus, hal itu masih sangat tidak cukup untuk menekan lonjakan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Karena itu, penyelenggara mudik gratis lainnya juga perlu diarahkan untuk fokus pada pemudik bersepeda motor.

"Penyelenggaraan mudik gratis sebaiknya diatur oleh Kemenhub secara ketat, termasuk tentang memberikan prioritas kepada pemudik bersepeda motor," katanya.

Selain itu, Tulus mendesak Kementerian Perhubungan juga mengatur agar penyelenggaraan mudik gratis tidak hanya menggunakan bus pariwisata, tetapi juga harus menggunakan bus umum reguler.

"Selama ini, penyelenggaraan mudik gratis justru menggerus pengguna angkutan bus umum. Banyak bus umum yang kosong kekurangan penumpang karena tersedot mudik gratis," katanya.

Menjelang Idul Fitri beberapa pihak seperti perusahaan swasta, BUMN, dan institusi pemerintah memberikan layanan mudik gratis yang biasanya diminati oleh masyarakat.(Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home