Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:27 WIB | Kamis, 08 September 2016

Yordania Sita 13 Juta Pil Captagon

Pil Captagon. (Foto: dok./Ist)

AMMAN, SATUHARAPAN.COM - Yordan menyita lebih dari 13 juta pil Captagon, salah satu obat  terlarang yang paling umum digunakan di kalangan pejuang yang bertikai di negara tetangganya, Suriah.

Kementerian dalam negeri Yordania, mengatakan tiga tersangka pengedar, termasuk warga asing, ditangkap dalam penggerebegan yang merupakan "penyitaan paling banyak dalam sejarah kerajaan itu."

Sebuah pernyataan oleh kementerian itu menyebutkan bahwa jutaan pil ditemukan tersembunyi dalam pengering yang jatuh di rumah salah satu dari mereka yang ditangkap, di dekat Amman, menurut laporan AFP.

Captagon diklasifikasikan oleh Kantor urusan Narkotika dan Kejahatan PBB (UNODC) sebagai "amphetamine-type stimulan" dan biasanya merupakan paduan amfetamin, kafein dan zat lainnya.

Ada banyak laporan yang menyebutkan bahwa Captagon banyak digunakan di antara kelompok-kelompok yang berperang di Suriah.

Kementerian Dalam Negeri Yordania mengatakan temuan pil tersebut terikat dengan  jaringan "negara lain" tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Pada paroh pertama 2016, otoritas Yordania menyita lebih dari enam ton obat-obatan terlarang dan menangkap lebih dari 13.000 orang yang dicurigai terlibat penyelundupan, memiliki atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home