Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 11:20 WIB | Sabtu, 11 Juli 2015

Aktor Legendaris Omar Sharif Meninggal dalam Usia 83 Tahun

Aktor Legendaris Omar Sharif Meninggal dalam Usia 83 Tahun
Omar Sharif (di atas kuda, baju hijau) sebagai kepala suku dalam film Lawrence of Arabia yang menampilkan pemeran utama Petern O'Toole (kanan). (Foto: gabiley.net)
Aktor Legendaris Omar Sharif Meninggal dalam Usia 83 Tahun
Omar Sharif dalam film Lawrence of Arabia. (Foto: therpf.com)
Aktor Legendaris Omar Sharif Meninggal dalam Usia 83 Tahun
Omar Sharif pada 2011. (Foto: pluzcinema.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Aktor berdarah Mesir Omar Sharif, yang bermain dalam film Doctor Zhivago dan Lawrence of Arabia, meninggal pada Jumat (10/7) di Kairo, Mesir, dalam usia 83 tahun, ujar agennya di London.

“Dia meninggal sore hari ini akibat serangan jantung di Kairo,” kata Steve Kenis kepada AFP seperti dikutip Antara, seraya menambahkan aktor tersebut sudah dirawat di sebuah rumah sakit untuk pasien penderita Alzheimer.

Dilahirkan dengan nama Michel Shalhoub di Alexandria pada bulan April 1932, dia terlebih dulu terjun ke usaha keluarga sebelum hijrah ke London, Inggris, untuk belajar di Royal Academy of Dramatic Art (Rada).

Omar Sharif tampil pertama di film Mesir berjudul Siraa Fil-Wadi (The Blazing Sun), pada 1954, yang langsung melambungkan ketenarannya.

Popularitasnya langsung mendunia saat berperan sebagai kepala suku Arab bernama Ali yang direkrut T.E. Lawrence (diperankan aktor Peter O’Toole) dalam drama Perang Dunia I Lawrence of Arabia (1962), yang mengantarkannya masuk dalam nominasi Oscar. Catatan BBC menyebutkan Sharif meraih penghargaan Golden Globe melalui film itu, penghargaan yang diberikan oleh wartawan asing pengamat perfilman Hollywood.

Bahkan dia kemudian mendapatkan peran lebih terkenal sebagai pahlawan dalam Doctor Zhivago karya David Lean, film yang mengadaptasi novel tentang hasrat yang tersiksa selama Revolusi Rusia karya Boris Pasternak. Melalui perannya dalam film itu, sekali lagi Sharif meraih Penghargaan Golden Globe.

Dikenal karena penampilannya yang rupawan, dia lalu membintangi sejumlah film dan program televisi. Beberapa filmnya yang terkenal di antaranya Funny Girl, sebagai lawan main aktris dan penyanyi terkenal Barbra Streisand, dan tampil dalam Tamarind Seed  bersama aktris Julie Andrews.

Pada 1999, ia tampil berakting bersama aktor Spanyol, Antonio Banderas, dalam film The 13th Warrior. “Ia salah satu aktor besar,” kata Bandreas dalam akun Twitter-nya, "Ia penutur cerita yang baik, kawan yang sangat setia, dan bijaksana.”

Dalam beberapa tahun terakhir, menurut AFP, dia  menjadi terkenal karena bermain bridge dan memiliki kuda pacuan ras. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home