Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:36 WIB | Rabu, 24 Juni 2020

AUB, Universitas Bergengsi di Dunia Arab, Akan PHK 25 % Stafnya

Kampus AUB di Beirut, Lebanon. (Foto: dok Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia Arab, Universitas Amerika Beirut (AUB), Lebanon, merencanakan PHK besar-besaran dan pemotongan gaji. Ini merupakan tanggapan atas krisis ekonomi dan keuangan negara itu dan pandemi virus corona.

AUB telah berusia 154 tahun dan mengalami negara itu dalam perang saudara, penculikan dan berbagai krisis ekonomi. Dan Presiden AUB, Fadlo Khuri, mengatakan perguruan tinggi itu berada di peringkat 150 teratas di dunia, tetapi akan memberhentikan hingga 25% dari tenaga kerjanya, menutup departemen administrasi dan menunda proyek ambisius untuk pusat medis baru yang besar.

"PHK itu sangat menyakitkan," kata Khuri kepada The Associated Press (AP) dalam sebuah wawancara di kampus yang luas di Laut Mediterania. ''AUB belum pernah melakukan ini sebelumnya, kami tidak pernah dipaksa melakukan PHK.''

American University of Beirut, yang beroperasi di bawah piagam negara bagian New York, adalah yang pertama memperkenalkan pendidikan Amerika ke Timur Tengah. Selama beberapa generasi, kampus telah mendidik elite dunia Arab, menghasilkan tiga presiden, sekitar selusin perdana menteri, termasuk perdana menteri Lebanon saat ini, Hassan Diab, serta menteri kabinet dan duta besar yang tak terhitung jumlahnya.

Kampusnya yang semarak juga menjadi pilar kehidupan budaya dan intelektual Beirut, dengan badan kemahasiswaan yang beragam dan sejarah aktivisme.

Keruntuhan Ekonomi

Pengumuman ini mengejutkan bagi para anggota AUB yang memiliki 6.500 tenaga kerja dan American University Medical Center. Puluhan ribu warga Lebanon telah kehilangan pekerjaan karena krisis ekonomi yang memburuk dan diperburuk oleh wabah virus corona.

Krisis ini berakar pada dekade korupsi dan kesalahan manajemen yang dilembagakan yang muncul di kepala Oktober lalu, memicu protes massa. Keruntuhan ekonomi telah menjerumuskan negara yang rapuh itu ke dalam ketidakpastian yang dalam dan mengancam untuk melepaskan kerusuhan dan kekacauan lebih lanjut.

Pengangguran telah meroket hingga 35%, dan hampir setengah dari populasi hidup di bawah garis kemiskinan, menurut Bank Dunia.

Krisis juga telah menekan kelas menengah. Lebanon, yang telah lama menggunakan dolar dan pound Lebanon secara bergantian, telah melihat mata uang lokal kehilangan hampir 70% nilainya. Dengan pendapatan dan tabungan yang menguap, banyak orang tua tidak mampu membiayai sekolah, dan biaya universitas dibebankan dalam dolar.

Khuri pertama kali mengungkapkan kenyataan yang menyakitkan dalam sebuah memo kepada staf pada 5 Mei, menggambarkan situasi itu sebagai "pertemuan bencana" yang ia katakan bersama merupakan "krisis terbesar sejak yayasan universitas berdiri pada tahun 1866."

Dia mengatakan universitas mengharapkan meningkatkan pendapatan hingga US$ 609 juta untuk tahun 2019 dan 2020, tetapi sebaliknya menghadapi kerugian nyata sebesar US$ 30 juta, jumlah yang hampir sepenuhnya akan menghapus dana darurat yang telah dibangun sejak 2015.

Racun Sektarianisme

Universitas itu tetap terbuka selama perang saudara Lebanon pada kurun 1975-1990, dan menyediakan oasis ketenangan dan kehijauan bahkan ketika sejumlah anggota staf asing diculik atau dibunuh, termasuk presiden Malcom Kerr yang dibunuh pada 1984 dan David Dodge yang bertindak sebagai presiden universitas ketika dia diculik oleh orang-orang bersenjata pro Iran pada tahun 1982. Dia dibebaskan setahun kemudian di Iran. Staf pengajar dan mahasiswa internasional dan lokal bergabung dengan gelombang Lebanon yang melarikan diri dari konflik yang berulang di negara itu.

Universitas ditutup ketika pandemi virus corona melanda pada bulan Maret, tetapi sebagian dibuka kembali untuk kelas musim panas. Saat ini mendaftarkan sekitar 9.250 mahasiswa. Khuri mengatakan krisis saat ini sangat berbeda dari apa yang terjadi selama perang saudara, ketika Bank Sentral dan pemerintah masih memiliki sumber daya yang dapat menstabilkan situasi.

Khuri, yang telah menyatakan dukungannya terhadap tuntutan gerakan protes, mengatakan sistem di Lebanon perlu diubah secara mendasar. Ia berharap aspirasi anak muda Lebanon yang turun ke jalan pada Oktober tahun lalu akan didengar. "Racun dalam konstitusi Amerika adalah perbudakan, racun dalam konstitusi Lebanon adalah sektarianisme," katanya.

Sistem pembagian kekuasaan komunal Lebanon, yang didirikan sejak kemerdekaan negara itu dari Prancis, mendistribusikan jabatan-jabatan pemerintah utama menurut sekte dan telah melahirkan korupsi yang meluas dan kelumpuhan politik.

Khuri, yang lahir di Boston dan dibesarkan di Beirut, tempat ia menghadiri AUB pada awal 1980-an, mengatakan ia prihatin ketika bandar udara Beirut dibuka kembali setelah penutupan virus corona, bahkan lebih banyak orang Lebanon yang paling baik dan paling cerdas akan beremigrasi.

Dia mengatakan AUB yang kuat adalah harapan terbaik bagi rakyat Lebanon dan dunia Arab, untuk membantu mengembangkan para pemimpin masa depan kawasan itu, alasan lain untuk mengambil langkah-langkah sulit. "Ini adalah cawan yang sangat pahit untuk diminum, tetapi kita tidak bisa memilih pertempuran kita dalam hidup, dan sayangnya ini adalah yang saya warisi," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home