Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 13:57 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Charlie, Permainan Jelangkung ala Barat Populer di Amerika

Permainan Charlie Charlie. (Foto: washingtonpost.com)

SATUHARAPAN.COM – Permainan Charlie mendadak populer di Internet. Lebih dari 1,6 juta unggahan meramaikannya. Caitlin Dewey dari Washington Post membahas budaya populer di kalangan remaja ini. Permainan ini mirip jelangkung.

Jika Anda adalah salah satu yang percaya bahwa tingkah anak-anak masa ini entah bagaimana kurang terinspirasi dari generasi sebelumnya, maka saya datang bukti baru: Bahkan takhayul mereka lebih menjengkelkan daripada kita!

Permainan "Charlie Charlie," permainan melegenda, kini mendadak populer dan tak dapat dijelaskan. Itu melonjak ke puncak media sosial global yang akhir pekan ini setelah populer di antara pengguna Internet berbahasa Spanyol. Sampai saat tulisan ini dipublikasikan, #CharlieCharlieChallenge telah di-tweet lebih dari 1,6 juta kali. Lebih banyak orang mengetik kata kunci di Google "Charlie Charlie" dari hampir semua kata kunci lainnya.

Bagaimana bermain Charlie Charlie?

Sederhana! Anda bisa, jika Anda ingin, bahkan melakukannya di meja Anda.

Langkah 1: Buka Vine Anda dan hidupkan kamera. (Jika Anda tidak memiliki Vine, Anda terlalu tua untuk main ini)

Langkah 2: Menggambar X pada selembar kertas.

Langkah 3: Namailah dua kuadran di antara garis silang tersebut dengan "tidak," dan "ya."

Langkah 4: Tempatkan dua pensil yang tumpang tindih pada setiap sumbu grid Anda, melintasi garis silang itu di tengah.

Langkah 5: Katakanlah "Charlie, Charlie, kau di sana?" Dan mengajukan pertanyaan. (Misalnya, "Apakah salah satu teman saya akan segera mati," "Apakah saya akan pergi ke prom Mei mendatang.")

Langkah 6: Menjerit, mungkin.

Dari mana permainan ini berasal?

Meskipun sulit untuk dijabarkan secara tepat dari mana negara asalnya, Charlie Charlie (juga dieja Charly Charly) memiliki sejarah panjang sebagai permainan sekolah di lingkungan berbahasa Spanyol. Menurut satu thread Yahoo! Respuestas—Yahoo Answers versi bahasa Spanyol—anak-anak telah memainkan versi "permainan klasik" di Spanyol selama beberapa generasi.

Secara tradisional, versi ini dengan pensil yang disilang yang disebut "Juego de la Lapicera"—sebuah istilah memunculkan banyak hal menyeramkan di Google—dan "Charlie Charlie" adalah permainan yang berbeda, bermain dengan pensil. Di beberapa titik di internet dan perjalanan permainan, dua model permainan ini tampaknya telah bergabung. Dalam kedua kasus, ini selalu memiliki konotasi jahat atau supranatural; satu situs menyebut Lapicera sebagai permainan "Ouija board untuk orang miskin."

Mengapa populer lagi sekarang?

Ini selalu sulit untuk mengatakan persis mengapa hal-hal tertentu menjadi tren, tetapi tren ini tampaknya telah dimulai pada akhir April di provinsi Hato Mayor, di Republik Dominika, ketika sebuah stasiun berita TV lokal menyiarkan laporan yang sangat menggelisahkan (dan tidak sengaja lucu) tentang permainan “Setan” yang populer di sekolah-sekolah lokal. Dari sana, pengguna media sosial di Republik Dominika mulai menggugah di Twitter, Instagram, dan Vine tentang permainan ini pada pertengahan Mei. Frasa "Charlie Charlie" tren di Twitter Dominika, dan menyebar di web negara-negara berbahasa Spanyol.

Sementara itu, selama akhir pekan, seorang gadis 17-tahun di tengah Georgia mengunggah di Instagram permainan itu dan menuliskan tagar #CharlieCharlieChallenge. Tampaknya, tagar itu menarik semua anak-anak. Sudah 1,6 juta tweet muncul dengan tagar sejak kali pertama itu.

Siapa Charlie?

Dari berbagai sudut Internet berbahasa Spanyol, Charlie memperoleh asal-usul: seorang anak yang bunuh diri, korban kecelakaan mobil yang fatal, atau dewa pagan Meksiko  yang kini bersidang dengan setan Kristen. Namun, dewa Meksiko setidaknya, terbukti tidak benar.

"Tidak ada setan yang disebut 'Charlie' di Meksiko," kata Maria Elena Navez dari BBC Mundo.

Apakah ini sama berbahayanya dengan beberapa tantangan remaja yang menyebar bak virus lainnya yang terjadi di sekitar?

Mengingat bahwa tidak ada satu pun menyuruh mereka harus berada di atas api, menghirup zat kaustik atau deformasi bibir mereka, Charlie Charlie terlihat ... tidak berbahaya.

Konon, menurut legenda populer, Charlie menghantui pemain yang gagal untuk mengucapkan selamat tinggal sebelum mereka keluar dari permainan. Dan, bisa ditebak, banyak orang yang tidak menyukai hal-hal tentang anak memanggil setan.

Apa peduli kita?

Maksudku, Anda pasti harus peduli jika Anda sedang mencari jawaban supranatural untuk pertanyaan hidup Anda. (Kecuali pertanyaan tentang cinta, kematian dan uang, yang—menurut legenda—Charlie tidak akan menjawab)

Bahkan jika itu tidak tepat menggambarkan Anda, Charlie membuat kasus pembunuhan menjadi studi dalam tingkat penyebarannya dan bagaimana hal-hal ini bergerak masuk dan keluar dari bahasa dan budaya online. Anda akan melihat, misalnya, banyak pemain dan wartawan berbicara tentang permainan seolah-olah baru. Padahal, ini sebuah game lama yang baru-baru ini telah melintasi kesenjangan bahasa.

Ini juga, cukup menonjol, contoh lain dari kekuatan internet remaja. Sebab, permainan seperti “Ouija board" atau "Bloody Mary" tidak dapat populer di Internet. (washingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home