Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:11 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

Dubai Islamic Bank Miliki 40 Persen Saham Bank Panin Syariah

Manajemen Bank Panin Syariah. (Foto: dealstreetasia.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dubai Islamic Bank PJSC (DIB) telah menerima persetujuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di PT Bank Panin Syariah, selaku bank syariah komersial sebesar 40 persen, demikian pernyataan pers perusahaan itu.

Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi investasi keseluruhan DIB di Indonesia. Pada tahap pertama, DIB telah menyelesaikan akuisisi sekitar 25 persen saham di Bank Panin Syariah, pengadaan saham entitas dari pasar, dan tidak melalui pembelian saham langsung dari Panin Bank.

Setelah selesainya tahap pertama, DIB memulai proses persetujuan peraturan formal untuk memperoleh "Status Pemegang Saham Pengendali" dari Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah persetujuan OJK, DIB sekarang dalam posisi untuk memulai  fase lengkap kedua dari rencana pembelian saham untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 40 persen.

"Perbankan syariah di Indonesia memiliki potensi besar yang sebagian besar masih asri", kata Adnan Chilwan, CEO Grup, DIB sebagaimana dikutip Deal Street Asia, hari Selasa (6/10).

"Mengingat pengetahuan Bank Panin Syariah dari pasar lokal dan keahlian tak terbantahkan DIB di segmen ini berkembang pesat, kami melihat peluang besar untuk pertumbuhan dan ekspansi transformasi pada apa yang saat ini dipandang sebagai ceruk bisnis menjadi bentuk yang lebih diterima secara luas dari perbankan dalam negeri," katanya.

Bank Panin Syariah saat ini dikendalikan oleh PT Bank Panin Tbk dan beroperasi melalui jaringan 12 cabang. Bank ini terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sementara itu DIB, didirikan pada tahun 1975, adalah bank Islam pertama yang telah memasukkan prinsip-prinsip Islam dalam semua praktik dan merupakan bank Islam terbesar di UEA.

DIB adalah perusahaan publik  dan sahamnya tercatat di Dubai Financial Market. Bank ini mengoperasikan 90 cabang di Uni Emirat.

DIB telah proaktif dalam menciptakan kemitraan dan aliansi baik di tingkat lokal maupun internasional. Bank telah membentuk DIB Pakistan Terbatas, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki yang memiliki jaringan lebih dari 175 cabang di seluruh 56 kota besar di Pakistan. DIB juga telah memulai operasi di Yordania dengan pembentukan Jordan Dubai Islamic Bank.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home