Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:02 WIB | Selasa, 09 Agustus 2016

Festival Baliem Tampilkan Atraksi Perang 39 Distrik

Salah satu perwakilan masyarakat distrik yang tengah mempertunjukan aksimtarian perang khas pada pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem di Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Senin (8/8.) (Foto: Antara Papua/Hendrina Dian Kandipi)

WAMENA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, melalui Festival Budaya Lembah Baliem, akan menampilkan tarian dan atraksi perang dari 39 distrik di wilayahnya.

Bupati Jayawijaya Jonh Wempi Wetipo, di Wamena, hari Selasa (9/8), mengatakan selain dari 39 distrik di wilayahnya, pihaknya juga akan menampilkan tarian dan atraksi perang dari tiga kabupaten tetangganya yaitu Yalimo, Yahukimo dan Tolikara.

"Semua atraksi ini merupakan kesatuan budaya yang saling terkait dan melengkapi, di dalamnya mengekspresikan keagungan, eksistensi dan norma-norma kehidupan masyarakat yang terdiri dari suku-suku di wilayah pegunungan tengah Papua," katanya.

Menurut Wempi Wetipo, pihaknya juga mengingatkan kepada semua kalangan untuk tidak memanfaatkan Festival Budaya Lembah Baliem yang unik dan mahal ini, sebagai media bertumbuh kembangnya budaya perang yang sesungguhnya.

"Mari memelihara dan memupuk perdamaian melalui event Festival Budaya Lembah Baliem, menjadi suatu seni yang menarik dan diminati oleh penjuru dunia untuk selamanya," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya juga mengajak kepada masyarakat Jayawijaya agar tetap menjaga keamanan, membangun kesadaran berpariwisata demi kesejahteraan rakyat.

"Pada momen festival budaya tahun ini, kami ingin mengajak semua untuk tetap menjaga keseimbangan informasi atau berita-berita tentang situasi di Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan janganlah terlalu membesar-besarkan hal yang tidak perlu, informasi yang tidak berimbang, sehingga akan berakibat pada menurunnya nilai-nilai dan keinginan wisatawan untuk berkunjung.

"Hal ini juga akan membangun persepsi negatif terhadap keamanan di Papua dan tentunya akan berdampak pada sektor pariwisata sebagai salah satu andalan Provinsi Papua," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home