Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 15:43 WIB | Jumat, 12 Februari 2016

Lukisan Karya Lucian Freud Terjual Rp 312 Miliar

Lukisan "Pregnant Girl" karya Lucian Freud yang diperebutkan enam pelelang di Balai lelang Sotheby's, London, Inggris. (Foto: Balai lelang Sotheby's)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Lukisan potret karya Lucian Freud terjual sekitar Rp 312 miliar, jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Lucian Freud, atau secara lengkap dituliskan Lucian Michael Freud OM CH, adalah pelukis Inggris kelahiran Jerman tahun 1922. Cucu dari ahli psikologi Sigmund Freud ini, menurut Wikipedia, terutama dikenal sebagai pelukis untuk lukisan potret dan tokoh dengan teknik impasto, dan secara luas diakui sebagai seniman Inggris unggulan pada masanya.

Lukisan berjudul Pregnant Girl atau Perempuan Hamil  itu, seperti diberitakan bbc.com, diperebutkan oleh enam pelelang di Balai Lelang Sotheby's, London, yang awalnya memperkirakan nilainya “hanya” akan mencapai antara Rp 135 miliar hingga Rp 192 miliar.

Karya Freud itu menampilkan kekasihnya, Bernardine Coverley, pada awal tahun 1960-an sedang tertidur ketika mengandung putri mereka, Bella.

Coverley berusia 16 tahun ketika pertama kali bertemu Freud di London pada tahun 1959 dan diperkirakan berusia 17 tahun saat diabadikan oleh Freud dalam kanvas.

Bella Freud, putri pasangan itu, yang kini berusia 54 tahun, dan dikenal sebagai perancang mode, adalah anak sulung dari dua anak Lucian dan Bernardine.

"Itu pastilah masa yang paling indah dalam kehidupannya, mengandung anak dari pria yang dicintainya dan pria itu ingin dia ada di sana dan melukisnya," Bella melontarkan pendapatnya.

Pasangan itu kemudian berpisah ketika kedua anak mereka, Bella dan Esther, masih kecil.

Lucian Freud meninggal dunia pada 20 Juli 2011 di London, pada usia 88 tahun, disusul Bernardine empat tahun kemudian.

Walau laku terjual Rp 312 miliar, itu masih jauh di bawah rekor untuk lukisan Freud yang dicapai pada Mei 2015, ketika Benefits Supervisor Resting terjual lewat lelang di New York seharga Rp 690 miliar.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home