Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:00 WIB | Rabu, 16 April 2014

Media Inggris Kabarkan Jurgen Klopp Akan Latih MU

Jurgen Klopp (topi kuning) bersalaman dengan Josep Guardiola, arsitek Munchen. (Foto: fcbayern.de).

MANCHESTER, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah media sosial dan online di Inggris gencar membicarakan pelatih Borussia Dortmund saat ini, Jurgen Klopp yang dikabarkan musim depan akan menggantikan posisi David Moyes di Manchester United (MU). Seperti diberitakan Daily Mirror pada Selasa (15/4) siang bahwa petinggi MU dikabarkan akan menyiapkan 12,22 triliun rupiah (200 juta poundsterling) guna mendatangkan pelatih berkebangsaan Jerman tersebut.

Tidak hanya Jurgen Klopp yang menjadi incaran MU, klub berjuluk Setan Merah itu pekan lalu juga melakukan pendekatan terhadap pelatih tim nasional Belanda saat ini, Louis Van Gaal.

Darren Lewis, kolumnis Daily Mirror membeberkan alasan bahwa Klopp merupakan pilihan utama MU karena berhasil mempertahankan performa Dortmund di Liga Jerman dan kompetisi sepak bola antar klub Eropa (Liga Champions). Apalagi Dortmund sempat menjadi finalis Liga Champions musim lalu.

“Saya perkirakan MU akan berpaling kepada sosok Klopp, apabila Moyes tidak membawa perubahan berarti bagi MU dalam lima pertandingan terakhir,” tulis Lewis dalam paragrafnya.

MU saat ini berada pada posisi ketujuh klasemen Liga Inggris, dan telah tidak berkompetisi lagi pada ajang sepak bola yang lain; pada Liga Champions terjungkal atas Bayern Munchen di perempat final, sementara di Piala FA dan Piala Liga MU telah tergusur.  

Sayang sekali saat ini MU harus bersaing dengan Barcelona dalam merayu Jurgen Klopp, karena salah satu klub kuat di Liga Spanyol tersebut  dikabarkan tidak puas atas performa Gerardo Martino yang saat ini membawa Barcelona sementara “hanya” di peringkat ketiga Liga Spanyol, apalagi Minggu (13/4) dini hari mereka takluk 0-1 dari Granada.

“Martino akan mendapat ujian berat di final Piala Raja Spanyol pada Kamis (17/4) dini hari WIB nanti, kalau kalah tamatlah riwayatnya,” lanjut Lewis. 

Ben Burrows, kolumnis Daily Mirror yang lain menyebut bahwa Marco Reus, salah satu palang pintu Dortmund, pernah menganalisis bahwa  MU salah besar saat menerapkan strategi “parkir bus” saat meladeni Bayern Munchen di dua perjumpaan perempat final Sepak Bola Liga Champions 2014.

“Saya pikir saat kita bermain sepak bola modern tidak hanya bertahan, apalagi meladeni tim seperti Munchen, kalau seorang pelatih hanya duduk terpaku tetap tidak menyelesaikan masalah,” kata Reus.

Ben mengatakan Klopp diperkirakan akan sukses apabila menjadi pelatih MU karena dia tahu bagaimana memaksimalkan mantan anak asuhnya, Shinji Kagawa semenjak penyerang asal Jepang ini masih berseragam Borussia Dortmund.

Sementara itu Paul Jiggins, kolumnis The Sun mengatakan dalam paragrafnya bahwa Tottenham Hotspurs juga mendambakan pelatih seperti Klopp karena tidak diragukan lagi membawa sebuah tim ke tangga juara, tetapi Jiggins lebih menekankan bahwa kelebihan Klopp yakni mampu memotivasi para pemain. (bbc.co.uk/mirror.co.uk/bleacherreport.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home