Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:28 WIB | Jumat, 22 November 2013

Pengawas Ajak Perusahaan Bantu Hancurkan Senjata Kimia Suriah

Sigrid Kaag, Koordinator Khusus Misi Bersama OPCW dan PBB di Damaskus. (foto: un.org)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM - Pengawas senjata kimia dunia pada Kamis (21/11) mengajak perusahaan-perusahaan swasta untuk membantu menghancurkan senjata kimia Suriah. Hal itu karena pilihan tempat semakin berkurang menjelang batas waktu yang tinggal sedikit untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia / OPCW) merilis sebuah catatan di situsnya yang mengatakan bahwa mereka ingin mengajak perusahaan-perusahaan untuk memusnahkan bahan-bahan kimia dan material lainnya “yang berhubungan dengan penghancuran senjata kimia Suriah.”

Pengawas itu meminta perusahaan-perusahaan “yang tertarik untuk berpartisipasi dalam sebuah proses penawaran” agar menghubungi OPCW.

Dunia sudah sepakat akan menghancurkan senjata kimia Suriah sebagai bagian dari perjanjian Amerika Serikat-Rusia yang ditujukan untuk menghadang serangan yang dilakukan rezim Damaskus setelah terjadi serangan kimia yang mematikan pada Agustus.

Namun meski sudah ada konsensus mengenai penghancuran senjata kimia di luar Suriah, tidak ada negara yang mengajukan diri untuk menjadi tempat pelucutan senjata tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home