Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 15:42 WIB | Sabtu, 26 Oktober 2019

Perayaan Diwali, WCC Ucapkan Selamat bagi Sahabat Hindu

Perayaan Diwali, perayaan penting bagi umat Hindu, Jain, dan Sikh, terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu “diya” tradisional. (Foto: Hindustan Times)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) Pendeta Dr Olav Fykse Tveit menyampaikan ucapan selamat atas nama persekutuan gereja-gereja dunia bagi komunitas Hindu yang merayakan Diwali, festival cahaya.

“Potensi cahaya untuk menghilangkan kegelapan yang telah melintasi waktu dan tradisi, dirayakan sebagai simbol harapan yang kuat,” Tveit menuliskan ucapannya, seperti dilansir oikoumene.org.

“Simbol cahaya juga berbicara tentang penerangan di dalam diri kita - tentang perlunya kebangkitan batin dan hati nurani kita, dan menghubungkannya dengan cahaya yang ada di dalam diri kita masing-masing.”

Tveit menyampaikan refleksinya tentang kehidupan di dunia yang seolah dihancurkan oleh perpecahan dan diskriminasi. “Menanggapi dosa dan momok rasisme menempatkan tanggung jawab komunitas agama untuk merangkul model-model baru pelayanan kepada Tuhan dan manusia,” tulisnya.

“Saya yakin, bersama-sama kita dapat membuat perbedaan dan berharap untuk melanjutkan dan berkolaborasi lebih erat antara WCC dan mitra Hindu kami.”

Melambangkan Kemenangan

Diwali, atau Deepavali, DÄ«pāvali, mengutip dari Wikipedia, dalam agama Hindu berarti “Festival Cahaya”. Tahun ini, acara dirayakan 27Oktober.

Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu dinyalakan sebagai tanda perayaan serta harapan umat manusia. Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu “diya” tradisional. Kembang api juga turut digunakan dalam festival ini di beberapa bagian negara.

Diwali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu bulan Ashwayuja. Biasanya dalam bulan Oktober atau November, dan merupakan salah satu festival terpopuler dan paling ditunggu-tunggu di India.

Umat Hindu, Jain, dan Sikh sama-sama menganggap festival ini sebagai perayaan hidup dan menggunakan perayaan ini untuk memperkuat tali persaudaraan antara keluarga dan teman. Untuk umat Jain, ini juga adalah salah satu festival terpenting, dan menandai dimulainya tahun Jain. Perayaan ini juga termasuk festival penting bagi umat Sikh.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home