Loading...
INDONESIA
Penulis: Elvis Sendouw 14:56 WIB | Senin, 22 September 2014

PKB Lakukan Uji Kelayakan Internal Calon Menteri

PKB Dalam diskusi para pakar politik membahas sepak terjang PKB dalam mendukung pasangan Jokowi-JK. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap sejumlah kadernya yang akan diajukan menjadi menteri kabinet Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

"PKB sudah melakukan `fit and proper test` internal terhadap lebih dari empat kader," kata politisi PKB Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Senin (22/9).

Dia mengatakan saat ini Jokowi-JK belum meminta partai-partai untuk mengajukan menteri. Uji kepatutan dan kelayakan kader dilakukan sebagai persiapan apabila PKB diminta menyodorkan nama-nama menteri.

Eko yang juga merupakan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK mengatakan saat ini Jokowi-JK masih melakukan seleksi terhadap 200 nama calon-calon menteri independen.

Tim Transisi sendiri, kata dia, akan melakukan diskusi antardeputi besok, Selasa (23/9). Eko mengungkapkan nama-nama kementerian baru akan dibuka ke publik pada akhir bulan ini.

Sejauh ini Jokowi-JK telah mengumumkan arsitektur kabinetnya berjumlah 34 kementerian. Dari jumlah tersebut, 18 pos kementerian bakal dijabat oleh menteri-menteri kalangan profesional non-parpol, sedangkan 16 pos kementerian lainnya bakal dijabat menteri berlatar belakang kader parpol. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home