Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:00 WIB | Jumat, 29 Mei 2015

PM Inggris Temui Pemimpin Eropa Terkait Reformasi UE

PM Inggris Temui Pemimpin Eropa Terkait Reformasi UE
Perdana Menteri Inggris David Cameron. (Foto: Istimewa)
PM Inggris Temui Pemimpin Eropa Terkait Reformasi UE
David Cameron bertemu Ewa Kopacz di Warsawa, Polandia.

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Inggris David Cameron memulai tur lawatan selama dua hari ke sejumlah ibu kota negara anggota Uni Eropa (UE) termasuk Paris dan Berlin pada Kamis (28/5) untuk mengupayakan reformasi UE sebelum referendum tentang apakah Inggris harus keluar dari keanggotan UE.

Cameron bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag pada Kamis sebelum menghadiri jamuan makan malam dengan Presiden Prancis Francois Hollande di Paris.

Kemudian pada Jumat ini, Cameron menggelar pembicaraan dengan Perdana Menteri Polandia Ewa Kopacz di Warsawa sebelum menuju Berlin untuk menghadiri jamuan makan siang dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Namun, Cameron gagal mendapatkan dukungan Kopacz.

Sementara itu, menteri luar negeri Prancis Laurent Fabius memperingatkan bahwa Paris akan mengatakan tidak jika Inggris menuntut status khusus di Uni Eropa.

Cameron melakukan lawatan saat muncul pertanyaan dalam referendum yang meminta pemilih Inggris menjawab “Haruskah Inggris tetap bertahan sebagai anggota UE ”

Referendum UE itu, yang akan digelar pasca kemenangan mutlak Partai Konservatif kanan tengah pendukung Cameron dalam pemilu bulan ini, dijadwalkan akan berlangsung sekitar tahun 2017 namun dapat digelar lebih awal pada tahun depan.

Cameron pada Rabu mengatakan dia berharap undang-undang yang memungkinkan pelaksanaan referendum itu, diajukan secara resmi pada Kamis, akan disahkan parlemen dengan “waktu ekstra yang cepat.” (theguardian/AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home