Loading...
INSPIRASI
Penulis: Joni Welman Simatupang 01:00 WIB | Kamis, 01 Oktober 2015

Rahasia Kesuksesan Sejati

Kita mesti selektif, efektif, dan kreatif.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Ada pepatah: kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Namun, menjadi pertanyaan bagi saya, ”Mengapa orang-orang tertentu bisa meraih sukses dalam hidupnya, sedangkan yang lain gagal?” Apa karena mereka mempunyai lebih banyak waktu dibandingkan yang lain? Bukankah setiap orang memiliki 24 jam setiap hari? Mengapa ada segelintir orang, dibandingkan dengan seluruh populasi manusia di bumi ini, yang mampu menciptakan atau melakukan banyak hal ”yang besar dan spektakuler”? Di mana letak perbedaannya?

Agaknya, semua itu sangat tergantung pada bagaimana mereka mengelola hidupnya. Ini bukan tentang teori manajemen waktu atau kegiatan semata-mata, melainkan soal perspektif dan prioritas. ”Orang-orang besar” menjadi besar bukan karena mereka multitalented dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, melainkan karena mereka adalah pekerja keras yang tahu dengan jelas apa yang menjadi tujuan hidupnya dan ke mana harus melangkah.

Mereka juga adalah orang-orang yang mau berpikir dan bersikap sederhana dalam hidup. Simple life and thinking. Mereka tidak menginginkan banyak hal, tetapi fokus pada satu atau dua hal yang menjadi kekuatannya dan berusaha memperbaiki apa yang menjadi kelemahannya. Mereka sadar bahwa menetapkan tujuan yang hendak dicapai adalah permulaan penting yang harus diambil sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya.

Dengan kata lain, kita tidak mungkin mengerjakan segala hal dan menyenangkan hati semua orang. Kita mesti selektif, efektif, dan kreatif. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi kita untuk menetapkan tujuan yang hendak kita capai secara jelas. Dengan demikian, hidup kita menjadi terarah karena kita tahu betul arah mana yang hendak kita tuju. Seberapa pun besarnya tantangan dan kesulitan yang akan dihadapi, kita pasti tidak akan putus asa. Sebaliknya, kita akan terus berjuang sampai titik darah penghabisan. Tidak ada lagi waktu yang sia-sia, terbuang tanpa makna. Karena pikiran dan energi kita difokuskan semata-mata untuk menyelesaikan misi yang sudah ditetapkan. Mission accomplished.

Inilah rahasia kesuksesan sejati: milikilah kesederhanaan hidup dan tujuan yang jelas. Jika Anda mengikuti nasihat tersebut, percayalah hidup Anda akan sukses senantiasa!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home