Loading...
SAINS
Penulis: Equivalent Pangasi 12:20 WIB | Kamis, 22 Mei 2014

18 Hal yang Terlewat saat Asyik dengan Smartphone (1)

Penelitian Ohio State University mengungkapkan bahwa kecelakaan lalu lintas akibat berjalan kaki sambil SMS lebih tinggi daripada akibat mengemudi sambil SMS. (Foto: huffingtonpost.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Telepon pintar atau smartphone semakin menjamur dan masyarakat pun seperti kecanduan menggunakan smartphone. Berbagai aplikasi dan fitur menarik, media sosial misalnya, membuat orang betah berlama-lama memerhatikan smartphone miliknya dan abai pada apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Berikut adalah sembilan dari 18 hal yang terlewat ketika Anda asyik dengan smartphone Anda seperti yang ditulis Huffington Post  pada Rabu (21/5).

1. Suara Keheningan

Ketika hanya ada sedikit notifikasi dari smartphone Anda, cobalah berhenti sejenak dan dengar serta nikmati bebunyian yang timbul di alam sekitar Anda. Anda mungkin akan mendengar kicauan burung dan dengungan lebah, atau mungkin suara-suara kota. Dan hal itu akan sangat menyenangkan.

2. Nikmatnya Kopi Pagi

Anda mungkin akan terkejut saat menyesap kopi Anda dalam perjalanan ke kantor jika Anda sepenuhnya fokus pada rasa, bukan email Anda. Hiruplah aroma kopi Anda dalam-dalam. Aromanya akan cukup menolong Anda untuk benar-benar bangun.

3. Senyuman Anjing Paling Bahagia

Simpanlah smartphone Anda dan perhatikanlah lingkungan sekitar Anda saat perjalanan menuju kantor. Mungkin Anda akan melihat senyuman anjing-anjing paling bahagia karena diajak pemiliknya berjalan-jalan.

4. Pikiran Anda Saat Ini

Ketika Anda berhenti menjawab email, mengirim pesan ke sahabat Anda, melihat berapa banyak yang menyukai status Facebook Anda, Anda akan menemukan diri Anda hanya bersama dengan pikiran Anda. Ambil kesempatan itu untuk mengembara dengan pikiran Anda dan perhatikan aktivitas pikiran Anda. Melatih diri Anda untuk melakukan hal semacam itu setiap hari akan menolong Anda untuk tetap tenang, memusatkan diri dan terhubung kepada diri Anda dan orang lain.

5. Tanda “Jangan Berjalan”

Berjalan sambil SMS memiliki konsekuensi yang lebih parah dari sekadar tersandung trotoar. Penelitian terbaru yang dilakukan Ohio State University mengungkapkan bahwa cedera akibat penggunaan telepon genggam yang dialami pejalan kaki meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2005.

Tidak mengejutkan bahwa orang dewasa di bawah usia 30 tahun memiliki risiko paling tinggi berjalan pada lalu lintas padat. Angka kecelakan yang disebabkan berjalan sambil SMS kini lebih tinggi daripada kecelakaan akibat mengemudi sambil SMS.

6. Senyum dari Orang Lain

Ada begitu banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, di supermarket misalnya. Tapi, Anda harus melihat ke sekeliling untuk menyadarinya.

7. Nikmatnya Makanan

Daripada menikmati makanan Anda melalui Instagram, jauhkan smartphone Anda dari meja. Tanpa pengalihan, Anda dapat menikmati estetika tempat makan Anda, aroma menggiurkan makanan Anda, dan bagaimana rasa makanan Anda sesungguhnya. Menikmati momen itu akan membuktikan ada lebih banyak hal yang memuaskan daripada sekadar menikmatinya melalui media sosial.

8. Pasangan di Taman

Entah Anda melihatnya sebagai hal yang manis atau malah memuakkan, memerhatikan orang sebenarnya jauh lebih menarik daripada memerhatikan lini masa media sosial. Gunakan istirahat makan siang Anda dengan duduk di kursi taman, dan perhatikan kehidupan yang berlangsung di waktu yang nyata.

9. Lelucon Lucu

Lelucon tidak akan lucu lagi jika diceritakan untuk kedua kalinya, dan tidak ada seorang pun yang ingin mengulang leluconnya untuk Anda. Jadi, perhatikanlah lelucon lucu yang dilemparkan seseorang. (huffingtonpost.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home