Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:00 WIB | Jumat, 10 Januari 2014

Academy Awards ke-86 Digelar Awal Maret

Grant Heslov, Ben Affleck dan George Clooney Produser Film ARGO membawa pulang Oscar untuk Film Terbaik. (Foto: oscar.go.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Academy Awards ke-86 akan segera digelar di Amerika Serikat, nominasi penghargaan tersebut akan diumumkan pada Kamis (16/1) sedangkan penerimaan penghargaan bagi pemenang Minggu (2/3). Tahun lalu, film “Argo” jadi yang terbaik.  

“Argo” adalah film thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Ben Affleck, diangkat dari kisah nyata "Canadian Caper", saat Tony Mendez, seorang agen CIA, memimpin penyelamatan enam diplomat di Teheran, Iran, selama terjadinya krisis sandera Iran 1979.

Film ini dibintangi oleh Affleck sebagai Mendez, Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman. Dirilis di Amerika Utara (12/10) dan sukses secara kritis maupun komersial. Film ini diproduksi oleh Affleck, George Clooney, dan Grant Heslov. Kisah penyelamatan dalam film ini sebelumnya juga diceritakan dalam sebuah film televisi tahun 1981 berjudul Escape from Iran: The Canadian Caper, yang disutradarai oleh Lamont Johnson.

Argo menerima tujuh nominasi dalam Academy Awards ke-85, termasuk Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik (Chris Terrio), serta Aktor Pendukung Terbaik (Alan Arkin), dan berhasil membawa pulang tiga piala Oscar, yakni untuk Film Terbaik, Penyuntingan Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik. Argo juga menerima lima nominasi dalam Golden Globe ke-70, dan berhasil membawa pulang dua piala, yakni Film Terbaik (Drama), dan Sutradara Terbaik.

Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling terutama di Amerika Serikat. Piala Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebuah organisasi penghormatan profesional yang pada tahun 2007 mempunyai keanggotaan sebanyak 5.830 orang pemilih. Aktor-aktor (dengan keanggotaan sebanyak 1.311) merupakan kelompok pemilih terbesar.(oscar.go.com/wikipedia.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home