Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 08:17 WIB | Kamis, 05 Juni 2014

Al-Sisi akan Dilantik sebagai Presiden Mesir

Jenderal Besar Abdel Fatah El-Sisi, presiden Mesir. (Foto: AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Mantan panglima militer Abdel Fattah al-Sisi, yang menggulingkan pemimpin Mesir dan menjadi presiden yang pertama kali terpilih secara demokratis, akan dilantik sebagai presiden pada Minggu setelah dia menang mutlak dalam pemilu pada pekan lalu, seperti dilansir media pemerintah.

Komisi pemilu pada Selasa (3/5) mengatakan Sisi meraih 96,51 persen suara dengan partisipasi pemilih sebesar 47,5 persen, hampir setahun setelah dia menggulingkan Morsi dari kelompok Islamis.

Kemenangan mutlaknya atas rival tunggalnya, pemimpin sayap kiri Hamdeen Sabbahi, tidak pernah diragukan, dengan banyak memuji mantan panglima tinggi sebagai pahlawan karena mengakhiri kekuasaan Morsi yang memecah belah pada 11 bulan lalu.

Sisi akan dilantik pada Minggu di hadapan majelis umum dari Mahkamah Konstitusi, seperti diungkap kantor berita pemerintah MENA pada Rabu, mengutip Maher Sami, deputi kepala pengadilan itu.

Upacara pelantikannya akan dihadiri presiden sementara Adly Mansour, perdana menteri Ibrahim Mahlab dan para pejabat kabinetnya, Grand Imam Ahmed al-Tayeb dari institusi penting Muslim di Mesir, Al-Azhar, Paus koptik Tawadros II, dan politisi dan tokoh publik lainnya, ujar MENA. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home