Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:00 WIB | Selasa, 05 Juli 2016

Alasan Keamanan, Umat Muslim Tak Bisa Rayakan Lebaran di Inggris

Ilustrasi. Petugas keamanan sedang berjaga ketika umat Muslim sedang melaksanakan salat. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Perayaan Idul Fitri, yang biasa dirayakan oleh umat Muslim menjelang minggu terakhir bulan suci Ramadan telah dibatalkan karena alasan keamanan pasca keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit), demikian media setempat melaporkan.

Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri acara tahunan bagi umat Muslim di sebuah taman di Southampton, sebuah kota terbesar di Hampshire, selatan Inggris menyusul aksi protes yang dilakukan oleh kelompok sayap kanan Resistance Coast bersama dengan anggota Pie and Mash Squad. Mereka menuntut penghentian imigrasi massal.

Pie and Mash Squad menggambarkan diri mereka sebagai sekelompok orang yang anti-Islam dan  yang mencintai Inggris dengan cara yang dulu.

Di media sosial, gerakan sayap kanan mendorong demonstran untuk “bergabung dengan kami untuk merayakan Brexit dan mengakhiri imigrasi massal.”

Pada tanggal 23 Juni lalu, Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, sebuah keputusan yang memperkuat alasan sayap kanan untuk melihat akhir dari imigrasi massal masuk ke negara mereka.

Sementara itu, unjuk rasa anti-imigrasi, tidak direncanakan di hari yang sama. Penyelenggara kegiatan pun berpikir pembatalan itu dilakukan demi kebaikan bersama.

"Kami telah mempertimbangkan situasi politik dan kerusuhan di Inggris setelah meninggalkan Uni Eropa, munculnya aktivitas rasis dan komentar di sekitar kota-kota lain di seluruh negeri, ditambah lagi dengan kelompok Pie and Mash memutuskan untuk mengunjungi Southampton," kata Shere Sattar, Ketua British Bangladesh Culture Academy , kepada BBC.

Dia menambahkan: "Kami dari British Bangladesh Culture Academy dengan organisasi lain telah memutuskan bahwa untuk kebaikan bagi semua masyarakat di kota ini akan lebih baik jika kita membatalkan pertemuan besar di taman kota untuk salat Idul Fitri."

Sattar mengatakan ia berharap dapat mengadakan acara lainnya di Southampton akhir tahun ini. (alarabiya.net)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home