Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:13 WIB | Jumat, 15 November 2013

Anak Asuh Jacksen Tiago Gagal Total, Indonesia Tumbang di China

Laga pertama di Jakarta, Greg Nwokolo (merah) melewati Zhang Linpeng (putih) (Foto: dari timnasgaruda.com)

XIAN, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan senior Indonesia di bawah asuhan Jacksen Tiago takluk dari tim nasional China. Pertandingan ini merupakan pertandingan keempat Kualifikasi Piala Asia Grup G yang berlangsung pada Jumat (15/11) di Stadion Shaanxi Province Jiaodaruisen, Xian, China.

Indonesia takluk di hadapan kurang lebih 64.443 pendukung kesebelasan negeri Tirai Bambu dengan skor tipis 0-1. Indonesia tidak hanya menghadapi para penonton di dalam stadion, tetapi udara dingin yang tidak biasa terjadi di Indonesia.

China perkasa pada pertandingan ini, terbukti pada menit kelima nyaris membuka keunggulan Umpan terobosan gelandang China, Wu Lei kepada penyerang, Gao Lin masih bisa disergap oleh penjaga gawang Indonesia, Made Wirahadi.

Indonesia keteteran dan benar-benar tidak berdaya dengan semangat negeri tirai bambu yang gencar melakukan umpan-umpan bola udara yang sulit dijangkau pemain bertahan Indoensia, Sanadi dan M.Roby.  Hal ini terlihat menit ke-19 saat umpan dari Wu Lei lagi-lagi tepat menuju kepala penyerang Gao Ling, tetapi bola disambar dengan tendangan gunting Gao Lin, Indonesia selamat karena bola melambung di atas mistar.

Semenit sebelumnya Indonesia yang memperoleh peluang,  penyerang baru Hasyim Kipuw melepaskan umpan lambung ke depan, bola masih terlalu deras untuk dikejar oleh Tibo, langsung mampir ke pelukan penjaga gawang China, Zeng Cheng.

Pemain China tidak henti-hentinya memburu kemenangan, hasil euforia Guangzhou Evergrande, salah satu klub Liga Sepakbola China yang baru saja menjuarai Liga Champions Asia 2013. Kali ini pada menit ke-30, Gao Lin mengancam gawang Indonesia, beruntung bola hasil tandukannya berhasil ditangkap Made

Menit ke-39, Indonesia mencoba menguasai bola, kali ini melalui usaha dari gelandang kanan, Taufiq yang seolah-olah hendak melepaskan tendangan, tetapi bola berhasil diblok Zheng Zhi.

Semenit kemudian serangan silih berganti, kali ini China mengancam lewat gelandang sayap kanan, Zhang Linpeng hampir membuka keunggulan Cina andai bola tandukannya, hasil kerja keras umpan Rong Hao tepat sasaran Made salah melakukan antisipasi, tetapi bola masih dapat diselamatkan barisan belakang Indonesia.

Stadion Shaanxi Province Jiaodaruisen benar-benar bergemuruh kegirangan. Penonton bersorak sukacita akibat gol gelandang kiri, Wu Lei hanya beberapa detik jelang babak pertama usai.

Sepanjang babak pertama, China di bawah asuhan Fu Bo mendominasi jalannya pertandingan, akan tetapi lini belakang skuat asuhan Jacksen Tiago mampu tampil baik dalam meredam serangan lawan.

Babak kedua situasi masih sama, Indonesia sulit keluar dari penguasaan bola China, menit ke-69 gelandang Huang Bowen melakukan eksekusi tendangan bebas langsung, dan bola masih melebar tipis di kanan gawang Indonesia.

Indonesia sesekali mengancam serangan balik menit ke-76, umpan Taufiq kepada Titus Bonai, langkah lari Titus Bonai kurang cepat sehingga bola bergulir lebih cepat ke tangkapan Zeng Cheng.

Indonesia walau di bawah tekanan udara dingin, dan penonton tuan rumah tetapi dapat tampil lebih terbuka di babak kedua dan beberapa kali mengancam pertahanan tuan rumah, hanya saja hal itu belum mampu merubah hasil akhir. Dengan hasil ini dipastikan anak asuh Jacksen Tiago ke putaran final Piala Asia 2015 di Australia tertutup, karena di posisi klasemen sementara hanya mengumpulkan nilai 1 dari empat pertandingan.  

Susunan Pemain :

China:  Zeng Cheng, Liu Jianye, Zhang Linpeng, Zheng Zhi, Rong Hao, Huang Bowen, Zhao Xuri, Sun Ke, Gao Lin, Wu Lei, Yu Dabao.

Indonesia : Made Wirawan, Titus Bonai,  Boaz Salossa, Bustomi, Taufiq,  Raphael Maitimo, Jufriyanto, Sanadi, M.Roby, Igbonefo, Kipuw. (goal.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home