Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:15 WIB | Jumat, 05 Februari 2016

Aplikasi Bloodbook, PMI Informasikan Donor Darah

Ilustrasi aplikasi bloodbook PMI informasi donor darah pada facebook. (Foto: pmi.or.id)

SATUHARAPAN.COM – Pernah mendapat short message service (SMS) atau pesan di twitter, yang isinya tentang orang yang membutuhkan darah karena darurat? Kalau pernah dapat, mungkin kita sedikit khawatir apakah pesan ini benar atau salah.

Nah, untuk menghilangkan kekhawatiran ini, Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Agensi Periklanan Leo Burnett Indonesia, membuat aplikasi bernama bloodbook, sebuah aplikasi donor darah dalam situs pertemanan jejaring sosial Facebook. Aplikasi bloodbook dibuat untuk memudahkan masyarakat, bila membutuhkan darah, dengan menggunakan donor pengganti yang tidak lain adalah teman kita sendiri.

“Bloodbook akan mempertemukan orang yang membutuhkan darah, dengan para pendonor yang merupakan teman sendiri. Jadi kita tidak perlu ragu lagi untuk menolong dan memberikan darah kita, karena yang membutuhkan darah adalah teman kita sendiri,” kata dr Linda Lukitari Waseso, Pengurus PMI Bidang Kesehatan, RS PMI, dan Donor Darah, seperti yang diberitakan situs pmi.or.id

PMI telah mengenalkan aplikasi bloodbook kepada anggota Palang Merah Remaja(PMR), para buzzer media sosial twitter, dan publik umum untuk menjaring masyarakat, terutama generasi muda, agar mendaftar dan menjadi pengguna bloodbook. Semakin banyak anggota bloodbook, diharapkan dapat membantu PMI untuk mendapatkan darah sekaligus mengurangi kelangkaan darah di waktu-waktu tertentu.

Bergabung di bloodbook sangat mudah. Syarat pertama, masyarakat harus memiliki account Facebook, untuk menjadi anggota bloodbook. Cara pendaftarannya pun gampang: klik bloodbook.pmi.or.id lalu gabung dan isi registrasi dengan memasukkan golongan darah serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Ayo Donor Panduan Darah Rutin

Sementara itu, Ayo Donor merupakan halaman tambahan, yang dimasukkan dalam situs PMI. Disana pengguna dapat mempelajari panduan dasar kegiatan donor darah, serta bisa mencari tahu lokasi mana saja di provinsinya yang sedang membuka posko umum untuk donor darah.

Terdapat juga satu halaman dimana pengguna bisa mencari tahu jumlah stok darah yang tersedia di provinsi tertentu. Ayo Donor, berguna sebagai panduan bagi mereka yang ingin melakukan donor darah rutin.

Dengan halaman Ayo Donor, PMI akhirnya memiliki portal informasi online yang baik untuk kegiatan donor darahnya. Hal itu bisa sangat membantu pengguna yang mencari informasi online tentang donor darah, daripada harus menghubungi pihak PMI secara langsung.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home