Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:13 WIB | Jumat, 12 Juni 2020

AS Tidak Ingin Salinan Hizbullah di Perbatasan Arab Saudi

Pasukan penjaga perbatasan Arab Saudi dengan Yaman di daerah al-Khubah di Provinsi Jizan selatan. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat berupaya menghentikan pendanaan Iran untuk kelompok Houthi  di Yaman dan tidak ingin melihat Hizbullah lain di perbatasan Arab Saudi, kata pejabat tinggi AS untuk Iran, hari Kamis (11/6).

Strategi tentang menghadapi Iran difokuskan pada sanksi, isolasi dan ancaman pencegahan militer, kata Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, dikutip Al Arabiya.

Hook mengatakan tidak ada perbedaan antara kaum moderat dan garis keras di dalam Iran, dan bahwa Teheran telah kehilangan pengaruhnya di Irak, setelah pembunuhan Komandan Pasukan Quds, Jenderal Qassem Soleimani pada bulan Januari lalu.

Berbicara tentang milisi Houthi di Yaman, Hook mengatakan bahwa Washington mendesak untuk menghentikan pendanaan Iran kepada kelompok itu, dan bahwa AS tidak ingin melihat salinan Hizbullah di perbatasan Arab Saudi, merujuk pada kelompok Houthi.

Hook juga menyinggung tentang situasi Suriah, di mana dia mengatakan AS tidak akan membantu membangun kembali negara yang dilanda perang sampai semua pasukan Iran dan milisi keluar dari negeri itu.

Sedangkan untuk Lebanon, Hook mengatakan rakyat Lebanon menderita karena korupsi yang merajalela yang disebabkan oleh Hizbullah. Dia menambahkan bahwa AS puas dengan hasil sanksi terhadap milisi Lebanon.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home