Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:15 WIB | Jumat, 20 November 2015

Bank AS Terbitkan Kartu Debit untuk Transaksi di Kuba

Kantor cabang Bank Stonegate di Miami. (Foto: voanews.com)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM – Sebuah bank Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis (19/11) mengumumkan mulai menawarkan kartu debit kepada para nasabahnya di AS yang bisa digunakan di Kuba untuk pertama kalinya sejak kedua mantan musuh era Perang Dingin itu berupaya memulihkan hubungan diplomatik hampir setahun lalu.

Bank Stonegate asal Florida mengatakan nasabahnya di AS bisa menggunakan kartu debit jenis Mastercard di hotel, restoran dan sejumlah tempat usaha lainnya di Kuba.

“Ini merupakan langkah pertama untuk mengurangi beban pelancong Amerika Serikat dalam membawa uang tunai saat bepergian ke Kuba,” kata presiden sekaligus CEO Stonegate Dave Seleski.

AS melonggarkan pembatasan perjalanan, perdagangan dan keuangan tertentu, termasuk penggunaan kartu kredit, sebagai bagian dari pendekatan kembali hubungan diplomatik yang dimulai Desember lalu oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro.

Kedua negara memulihkan hubungan diplomatik pada 20 Juli lalu, dan dua hari kemudian Stonegate menjadi bank AS pertama yang membuka layanan rekening koresponden di Kuba untuk memungkinkan transaksi antara kedua negara.

Bank itu, yang berkantor pusat di Pompano Beach, Florida, mengatakan para pemegang kartu debitnya untuk sementara harus memberikan tanda tangan saat melakukan transaksi pembelian, namun pihaknya memperkirakan akan memperluas penggunaan kartu itu di ATM yang tersebar di Kuba kemungkinan pada tahun depan.

Warga AS masih harus menunjukkan bahwa mereka berkunjung ke Kuba untuk tujuan yang diizinkan sebelum menggunakan kartu debit tersebut, seperti ditekankan bank tersebut. Tujuan pariwisata tidak termasuk dalam 12 kategori perjalanan ke Kuba yang diizinkan AS. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home