Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:49 WIB | Rabu, 19 Februari 2014

Barcelona Kalahkan City di Leg Pertama Perdelapan Final Champion

Barcelona Kalahkan City di Leg Pertama Perdelapan Final Champion
Di babak pertama, Barcelona mampu mengusai jalannya pertandingan, dan membuat City lebih bermain bertahan. (Foto-foto: uefa.com)
Barcelona Kalahkan City di Leg Pertama Perdelapan Final Champion
Tackling dari belakang yang dilakukan Demichelis menyebabkan dirinya mendapatkan kartu merah dan Barcelona mendapat hadiah penalti.
Barcelona Kalahkan City di Leg Pertama Perdelapan Final Champion
Messi sukses membuka gol bagi Barcelona melalu eksekusi 12 pasnya.

MANCHESTER, SATUHARAPAN – Barcelona sukses mengungguli Manchester City pada leg pertama perdelapan final Liga Champions Eropa. Pertandingan yang berlangsung di Etihad Stadium, kandang Manchester City, berakhir dengan kedudukan 0-2 untuk kemenangan Barcelona.

Sang tuan rumah, Manchester City mampu mengawali pertandingan dengan baik, mereka mampu menguasai bola lebih banyak dibandingkan Barcelona. Namun, hal tersebut hanya terjadi hingga menit kelima saja, karena selepas itu Barcelona mampu menemukan bentuk permainan mereka, tiki-taka.

Terlalu asyik menguasai pertandingan sempat melengahkan pertahanan Barcelona. Sebuah kemelut di kotak penalti hasil tendangan bebas David Silva, dan tendangan voli Negredo memaksa Victor Valdes berjibaku untuk menyelamatkan gawangnya. Hingga menit 30, belum ada gol tercipta dalam pertandingan ini.

Di menit 31 tendangan keras Xavi dari luar kotak penalti sempat membahayakan gawang City yang dikawal oleh Hart. Namun, tendangan tersebut masih mampu dibendung kiper nomor satu Inggris itu.

Babak pertama, pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Wasit asal Swedia, Jonas Erikson, mengeluarkan tiga kartu kuning, dengan perbandingan dua milik City (’28 Negredo Dan ’37 Kolarov) dan satu milik Barcelona (’23 Dani Alves) selama 45 menit pertama.

Pertandingan babak kedua dimulai dan Barcelona masih mengusai jalannya pertandingan tanpa menciptakan peluang berbahaya. Hingga di menit 52, bencana kartu merah menimpa Demichelis. Pergerakan cepat Lionel Messi yang menerima umpan terobosan memaksanya melakukan tackling dari belakang. Barcelona mendapat hadiah penalti. Sebagai eksekutor, Messi sukses menjalankan tugasnya dan membawa Barcelona unggul sementara 0-1, di menit 54.

Menit 84, city mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan, namun dzeko yang sudah berhadapan satu dengan satu dengan kiper barcelona, victor valdes, gagal menceploskan bola ke dalam gawang. Tendangan dzeko masih mampu diselamatkan valdes dengan kakinya

Menit 89, Barcelona berhasil menambah keunggulan mereka menjadi 2-0, usai operan pemain yang baru sembuh dari cederanya, Neymar, berhasil dituntaskan dengan sempurna oleh Dani Alves.

Hasil 0-2 ini mempermudah langkah Barcelona untuk lolos ke babak berikutnya, karena mereka cukup menorehkan hasil imbang saja saat laga dihelat di Camp Nou. Sedangkan bagi City, laga di Camp Nou nanti akan menjadi laga yang berat, karena untuk lolos ke perempat final mereka harus menorehkan tiga gol tanpa balas.

Penalti Kontroversi

Penalti yang didapat Barcelona mengandung kontroversial. Dalam tayangan ulang sangat jelas terlihat bahwa pelanggaran yang dilakukan Demichelis terjadi di luar kotak penalti. Namun, posisi Messi terjatuh memang di kotak penalti. Hal tersebutlah yang membuat wasit mengahadiahi Barcelona dengan tendangan penalti.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Joe Hart (K); Zabaleta, Kompany (C), Demichelis, Clichy (B); Jesus Navas, Yaya Toure, Fernandinho, Kolarov (’58 Lescott), David Silva (’58 Nasri) (G); Negredo (’74 Dzeko) (P)

Cadangan: Pantilimon (K); Richards (B) Garcia (G); Jovetic (P)

Pelatih: Manuel Pellegrini

Barcelona (4-3-3): Victor Valdes (K); Dani Alves, Pique, Mascherano, Jordi Alba (B); Busquets, Xavi, Cesc Fábregas (’84 Sergi Roberto ) (G); Iniesta, Alexis Sanchez (’74 Neymar), Messi (P)

Cadangan: Pinto (K); Bartra, Adriano (B); Song(G); Pedro (P)

Pelatih: Tata Martino

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home