Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:29 WIB | Rabu, 18 Desember 2013

Beckenbauer Sebut Munchen Capai Level Tertinggi Sepakbola

Ekspresi salah satu gelandang Munchen, Mario Mandzukic setelah mencetak gol (foto: fcbayern.telekom.de)

AGADIR, SATUHARAPAN.COM – Legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer menyebut Bayern Munchen saat ini sebagai tim dengan level permainan tinggi dalam sepakbola.

Beckenbauer mengatakan pendapat tersebut seusai menyaksikan mantan timnya dahulu, Bayern Munchen, menaklukkan klub asal China, Guangzhou Evergrande, pada Turnamen Piala Antarklub Dunia, Rabu (18/12) dini hari WIB, di Stadion Adrad d’Agadir, Maroko.

Beckenbauer mengatakan tiga gol yang disumbangkan pemain Munchen, Franck Ribery, Mario Mandzukic, dan Mario Gotze berkelas tinggi, dan memberi selamat karena pelatih Munchen, Josep Guardiola, karena dapat menerapkan permainan dengan level tinggi sama seperti saat Beckenbauer dulu bermain.

Beckenbauer menyebut Gouangzhou hampir sulit menemukan serangan.

“Saya percaya lawan kami sebenarnya dapat bermain baik, tetapi Bayern Munchen tetap dalam level sepakbola yang lebih baik,” kata mantan pemain tim nasional Jerman dan Bayern Munchen tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Philip Lahm, kapten dan pemain belakang Bayern Munchen, mengatakan timnya saat ini memiliki kesempatan menjadi juara di dalam format baru Piala Antar Klub Dunia yang digelar di Maroko ini.

“Kami memang sangat dominan dan mendeterminasi hingga meraih gelar liga, tetapi kami tetap menikmati pengalaman bertanding ini, apalagi seandainya kami menjadi juara nanti,” kata Lahm.

Philip Lahm melanjutkan, ini untuk pertama kalinya Bayern Munchen tampil di turnamen antarklub dunia dalam format baru. Padahal, dalam format lama saat hanya mempertemukan juara Eropa melawan juara Amerika Latin, Bayern Munchen telah dua kali meraih gelar tersebut pada 1976 dan 2001.

“Bagi kami yang spesial adalah saat ini kami belum pernah bermain di turnamen yang kami belum coba sebelumnya,” kata Lahm.  

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Adrar d’Agadir, Maroko, Bayern Munchen menguasai penguasaan bola atas klub asal China, Gouangzhou Evergrande, sehingga unggul tiga gol tanpa balas.

Gol pertama Munchen dicetak gelandang Franck Ribery pada menit ke-40, selanjutnya Munchen tidak perlu menunggu lama karena gelandang Mario Mandzukic membawa Munchen unggul 2-0 menit ke-44, dan pada babak kedua gelandang Mario Goetze menyelesaikan dengan baik kerja keras David Alaba menit ke-47 menjadi gol.

Hasil itu membawa Bayern Munchen melaju ke final turnamen ini untuk pertama kalinya dan akan ditantang salah satu pemenang partai semifinal lainnya, antara Raja Casablanca atau Atletico Mineiro, yang baru akan bertanding Kamis (19/12) dini hari WIB nanti.

Pertandingan final akan digelar pada Sabtu (21/12) di Stadion Marrakech, Marrakech, Maroko. 

Susunan Pemain:

Gouangzhou Evergrande: Zeng Cheng, Sun Xiang, Feng Xiaoting, Young-Gwon Kim, Zhang Linpeng, Zheng Zhi, Zhao Xuri, Huang Bowen, D. Conca, Elkeson, Muriqui. 

Bayern Munchen: M. Neuer, P. Lahm, Rafinha, D. Van Buyten, J. Boateng, D. Alaba, F. Ribéry, T. Kroos, Thiago Alcântara, M. Götze, M. Mandžukić. (soccerway.com/ uefa.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home