Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 02:45 WIB | Minggu, 20 Oktober 2013

Guardiola Senang Pemain Munchen Cepat Pahami Keinginannya Saat Hajar Mainz

Guardiola Senang Pemain Munchen Cepat Pahami Keinginannya Saat Hajar Mainz
Robben (kaus merah, Munchen) mengecoh kiper Mainz, Raymond Wtkllo (foto-foto: fcbayern.telekom.de)
Guardiola Senang Pemain Munchen Cepat Pahami Keinginannya Saat Hajar Mainz
Rafinha (kaus merah) berduel bola dengan Choupo Moting, gelandang Mainz.
Guardiola Senang Pemain Munchen Cepat Pahami Keinginannya Saat Hajar Mainz
Bastian Schweinsteiger (kaus merah) merebut bola dari Jan Baumgartlinger

MUNCHEN, SATUHARAPAN.COM – Seusai pertandingan Bayern Munchen melawan Mainz pada lanjutan Liga Jerman, pelatih Bayern Munchen, Josep Guardiola berkomentar anak asuhnya mulai cepat paham dengan taktik yang diinginkan mantan pelatih Barcelona tersebut.

Guardiola menyatakan kepuasannya setelah anak asuhnya membantai tamunya, Mainz 4-1 pada lanjutan Liga Jerman yang berlangsung Sabtu (19/10) di Stadion Allianz Arena, Munchen.

Guardiola mengatakan awalnya terkejut karena pemain akan cepat beradaptasi dengan pola penyerangan yang dimaui Guardiola, berbeda dengan pelatih sebelumnya, Heynckess. Guardiola menekankan kolektifitas dan pressing tinggi serta penguasaan bola tanpa terlalu bergantung ke dua pemain bintang, Robben dan Ribery.

“Jujur saya, saya sedikit terkejut akan bagaimana para pemain beradaptasi dengan ide-ide saya,” ungkap pelatih asal Spanyol itu.

Sejauh ini Guardiola sudah cukup yakin tidak perlu banyak memberi instruksi, karena anak asuhnya sudah paham kemauan Guardiola, dan level permainan Munchen, menurut Guardiola sudah setingkat dari klub-klub lainnya di Liga Jerman.

“Saya pikir kami akan butuh waktu lebih lama, tapi kami sudah berada di level yang sangat, sangat tinggi. Saya sangat senang dengan apa yang sudah kami tunjukkan,” lanjut Guardiola.

Dirinya hanya fokus kepada klub dan tetap mematok target beberapa trofi penting di Jerman dan di level Eropa. Awalnya penggemar Bayern Munchen sempat ragu tatkala mereka ditundukkan Dortmund 2-4 pada Piala Super Jerman, dan posisi Munchen tergeser dari peringkat pertama klasemen, tetapi seiring waktu mereka puas berada pada posisi puncak saat ini, apalagi saat ini mereka satu-satunya yang belum terkalahkan di Liga Jerman, setidaknya hingga pekan ke-9 ini.

Bayern menguasai jalannya pertandingan. Hal ini terlihat dari prosentase penguasaan bola sepanjang 90 menit permainan, dimana mereka memenangi penguasaan bola hingga 79% dan melepaskan banyak bola yang mengarah ke gawang lebih banyak dari Mainz.

Babak pertama bukanlah hal yang mudah bagi Munchen, karena mereka walau penguasaan bola di atas rata-rata, tetapi mereka harus rela kebobolan dulu karena gelandang Mainz, Shawn Parker membuat pendukung tuan rumah terdiam, karena dia mencetak gol semenit sebelum babak pertama selesai.

Pada babak kedua, barulah keberuntungan menaungi Munchen, kran gol mulai mengalir bagi Munchen, diawali gol yang dicetak penyerang sayap asal Belanda, Arjen Robben menit ke-50, sebelumnya Robben menerima bola dari Goetze yang memberi bola langsung ke Robben yang melakukan kegiatan favoritnya, menggiring bola sendirian dari wilayah sisi kanan penyerangan Munchen.

Mainz panik dengan gol penyeimbang dari Robben tersebut, dan ini terbukti di menit ke-52, saat penyerang Munchen Thomas Muller menggandakan kemenangan Munchen menjadi 2-1.

Goetze lagi-lagi berandil besar dalam gol Munchen di menit ke-69, kali ini gol ketiga tercipta saat umpan mantan pemain Dortmund ini diterima rekannya Mario Mandzukic yang meneruskan menjadi gol bagi Munchen, skor 3-1.

Satu gol Bayern lainnya lahir dari tendangan penalti Mueller setelah Bastian Schweinsteiger dilanggar di dalam boks. Mueller mengarahkan tendangan ke sisi sebelah kanan kiper Christian Wetklo. Dan sang kiper bergerak ke arah yang salah.

Berkat kemenangan ini, Bayern masih menjaga catatan tak terkalahkan mereka. Die Roten masih memimpin klasemen dengan nilai 23, hasil dari tujuh kali menang dan dua kali imbang. Bayern unggul satu poin atas Dortmund dan Bayer Leverkusen, yang berada di posisi kedua dan ketiga. Sementara Mainz turun ke posisi 13 dengan koleksi nilai 10.

Pada pertandingan lain, Borussia Dortmund menempel ketat Bayern Munchen unggul tipis 1-0 atas tamunya Hannover. Satu-satunya gol Dortmund disumbangkan Marco Reus lewat eksekusi penalti pada babak pertama. Penalti tersebut diberikan setelah Erik Durm ditarik jatuh oleh Hiroki Sakai di menit keempat.

Susunan Pemain :

Bayern Munich: Neuer, Dante, Rafinha, Boateng, Cotento, Lahm, Schweinsteiger, Kroos, Robben, Mueller, Mandzukic.

Mainz: Wetklo, Svensson, Pospech, Noveski, Bell, Diaz, Geis, Choupo-Moting, Baumgartlinger, Mueller, Parker.

Hasil Pertandingan Liga Jerman Lainnya: Bremen 0-0 Freiburg, Eintracht Braunschweig 2-3 Schalke, Eintracht Frankfurt 1-1 Nurnberg. (fcbayern.telekom.de/dfb.de)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home