Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 02:18 WIB | Minggu, 29 Juni 2014

Bobby Womack Meninggal, Musisi Berbela Sungkawa

Bobby Womack ketika di acara Roskilde Festival 2010. (Foto: Wikipedia.org)

LOS ANGELES AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Musisi soul legendaris Amerika Serikat Bobby Womack, yang menjadi inspirasi serta menciptakan lagu untuk para musisi, meninggal pada Jumat (27/6) dalam usia 70 tahun, kata seorang juru bicaranya.

Womack menulis sejumlah lagu R&B termasuk “It’s all Over Now” yang menjadi single nomor satu The Rolling Stones.

Bintang Rolling Stones Ronnie Wood menjadi salah satu musisi yang pertama menyampaikan rasa bela sungkawanya terhadap Womack, dengan menulis pesan di Twitter "Orang yang membuat Anda menangis saat lewat lagunya telah meninggal dan saya turut bersedih atas kepergiaannya."

"Turut berbela sungkawa atas kematian 'Legenda Soul' yang bernyanyi dari dalam jiwanya!" tambah penyanyi rap AS, MC Hammer.

Womack mulai tampil dengan saudaranya pada 1950-an dan kemudian bersama band Valentinos. Ia juga menciptakan beberapa lagu dan bermain gitar untuk sejumlah musisi termasuk Aretha Franklin dan Wilson Pickett.

Sonya Kolowrat, juru bicara XL Recordings, mengonfirmasi kematian sang bintang kepada AFP, namun mengatakan dia tidak memiliki informasi lebih lanjut. Rumah Womack diketahui berada di Los Angeles.

Womack, yang dianggap memiliki pengaruh atas karya para musisi, mengukuhkan dirinya saat mendapat kehormatan diabadikan di Rock and Roll Hall of Fame pada 2009.

Dia berjuang dengan obat-obatan dan masalah kesehatan selama beberapa dekade, namun ia merilis album comeback, "The Man Bravest in the Universe," pada 2012, rekaman pertama setelah vakum selama lebih dari satu dekade.

Meskipun telah lama memiliki gangguan kesehatan,d ia dijadwalkan akan melakukan tur di Eropa bulan depan, seperti yang tercantum di beberapa website penyelenggara acara di Belanda, Perancis, Belgia dan Inggris di paruh kedua Juli dan awal Agustus.

Dari Keluarga Band Menjadi Bintang Solo

Womack lahir di Cleveland, Ohio dari keluarga musisi, membentuk The Womack Brothers bersama saudara-saudaranya, dan dimanajeri ayah mereka.

Namun karier mereka melejit ketika mereka menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Sar Records dan berganti nama menjadi The Valentinos pada 1962, menghasilkan hit single pertama mereka, "Lookin for A Love".

Womack masih bermain dengan saudara-saudaranya, sambil bermain gitar di band yang didirikan oleh Cooke. Setelah Cooke meninggal pada 1964, karier Valentinos meredup, dan Womack meluncurkan karier solonya.

Beberapa hitsnya yang terkenal adalah lagu yang ditulis untuk bintang lain, termasuk Pickett, Franklin, Joe Tex dan Dusty Springfield.

Pada awal 1970-an ia merekam lagunya sendiri, termasuk “That's The Way I Feel About Cha” dan “Woman's Gotta Have It”, sayangnya pada dekade ini kariernya meredup, menurut situs database IMDb.

Masalah kesehatan yang menderanya termasuk kecanduan obat, diabetes, pneumonia, kanker usus besar dan tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, menurut laporan media.

Ketika namanya di abadikan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, ia berkata: "Pikiran yang pertama kali terlintas adalah aku berharap bisa menelepon Sam Cooke dan berbagi momen ini dengannya."

"Sangat menyenangkan bagi saya karena bisa melihat Barack Obama menjadi Presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat!" katanya, menurut The Rolling Stone, yang pertama kali mengabarkan berita kematain Womack. (AFP/Ant)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home