Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 19:18 WIB | Rabu, 25 Juni 2014

Kostum Nazi Video Ahmad Dhani Dikecam

Video Ahmad Dhani di Youtube.

SATUHARAPAN.COM – Bintang rock Ahmad Dhani dikecam karena mengenakan seragam Nazi dalam video kampanye kandidat presiden Prabowo Subianto. Kelompok musik Queen itu mengaku tidak pernah memberi izin saat nada lagunya dipakai dalam video itu.

Ahmad Dhani tampil dalam sebuah video di Youtube.com berjudul ‘Indonesia Bangkit’ dengan mengenakan tiruan jaket yang dipakai pemimpin Nazi Jerman Heinrich Himmler.

Dalam video yang mengkampanyekan calon presiden Prabowo Subianto, bekas komandan pasukan elit dan wakilnya, bekas menteri koordinator perekonomian Hatta Rajasa, vokalis Dewa-19 serta beberapa penyani lainnya menyanyikan: “Prabowo-Hatta! Indonesia Bangkit!“ dengan nada lagu klasik milik grup asal Inggris Queen ”We Will Rock You.”

Gitaris Queen Brian May, lewat Twitter mengatakan ”Tampilan skinhead Ahmad Dhani … tentu saja betul-betul tanpa persetujuan kami. Bri.”

Pakaian yang dikenakan Ahmad Dhani dalam video kampanye, dengan kantung di dada berwarna merah dan lencana di kerah, mirip seragam yang dipakai komandan paramiliter Nazi Schutzstaffel (SS).

Penyanyi Anggun C. Sasmi mengirimkan tweet kecaman, yang menyebut pakaian yang dikenakan Ahmad Dhani adalah ”perayaan kekejaman.”

”Jutaan orang dibunuh karena mereka punya ras dan agama berbeda,” kata dia. ”Saya berdoa agar Indonesia tidak jatuh ke tangan fasisme.”

Para pendukung lawan Prabowo untuk pemilu 9 Juli mendatang, yakni Joko Widodo, juga mengkritik penggunakan seragam Nazi.

“Apakah lagu kampanye Prabowo yang dibawakan Ahmad Dhani itu merefleksikan kecenderungan kepemimpinan Prabowo? Hanya Tuhan yang tahu,” kata sutradara beken Joko Anwar berkicau lewat Twitter. (dw.de)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home