Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Rabu, 28 Desember 2022

China Longgarkan Pembatasan Perjalanan, Pemesanan Liburan Melonjak

Pelancong menunggu dengan barang bawaan mereka di Bandara Internasional Ibu kota Beijing, di tengah wabah COVID-19 di Beijing, China 27 Desember 2022. (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Lonjakan pemesanan liburan menunjukkan populasi besar China siap dan haus akan perjalanan karena negara itu membongkar kontrol perbatasan hampir tiga tahun isolasi yang dipaksakan sendiri.

Setelah pengumuman bahwa pelancong tidak akan dikenakan karantina mulai 8 Januari dan seterusnya, pemesanan untuk penerbangan ke luar dari China daratan melonjak 254 persen pada hari Selasa (27/12) pagi dari hari sebelumnya, menurut data Trip.com Group Ltd.

Lima tujuan teratas adalah Singapura, dengan peningkatan pemesanan 600 persen, diikuti sekitar 400 persen untuk Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, dan Thailand.

Kebijakan Zero COVID-19 China secara efektif menghentikan perjalanan liburan ke luar negeri selama pandemi, dengan orang-orang didesak untuk tetap tinggal di negara tersebut “kecuali benar-benar diperlukan untuk bekerja, belajar, atau alasan welas asih.”

Visa perjalanan ke Hong Kong belum dikeluarkan sejak awal 2020 dan pihak berwenang berhenti memberikan paspor baru pada Agustus 2021 karena alasan yang tidak perlu dan tidak mendesak.

China sekarang bersiap untuk mengeluarkan paspor baru dan izin ke Hong Kong lagi, dan membuka pintu  setelah tiga tahun permintaan perjalanan terpendam. Dalam setengah jam setelah pengumuman kebijakan pembukaan kembali pemerintah, pencarian tujuan luar negeri melonjak 1.000 persen, mencapai level tertinggi dalam tiga tahun, menurut Trip.com. Makau dan Hong Kong termasuk di antara pencarian teratas.

Liburan Tahun Baru Imlek selama sepekan di akhir Januari menghadirkan peluang bagus untuk terbang ke luar negeri, penelusuran terkait paket perjalanan selama liburan naik 600 persen.

Masih perlu waktu bagi jumlah wisatawan China untuk kembali ke tingkat sebelum pandemi, ketika mereka merupakan kelompok terbesar dan merupakan salah satu pembelanja terbesar.

Wajib Negatif COVID-19

Jepang mewajibkan tes COVID-19 negatif pada saat kedatangan untuk pelancong dari China, sementara Malaysia telah memberlakukan langkah-langkah pelacakan dan pengawasan baru.

Amerika Serikat sedang mempertimbangkan langkah serupa karena meningkatnya kekhawatiran atas risiko baru infeksi saat China memerangi COVID-19, hampir 37 juta orang di negara itu mungkin telah terinfeksi virus dalam satu hari pada pekan lalu, menurut perkiraan dari pejabat tinggi pemerintah. otoritas kesehatan.

Tarif perjalanan udara yang tinggi juga dapat membatasi perjalanan, menurut beberapa tanggapan terhadap jajak pendapat di Weibo, yang mirip dengan Twitter.

Permintaan untuk perjalanan ke China juga meningkat. Pemesanan untuk penerbangan masuk ke China daratan meningkat 412 persen pada hari Selasa pagi dari hari sebelumnya, menurut data Trip.com. Banyak diaspora China di seluruh dunia, termasuk pelajar asing, tidak masuk karena persyaratan karantina yang ketat dan tidak pernah bertemu keluarga dan teman selama bertahun-tahun.

“Saya sudah menunggu begitu lama untuk hari ini,” tulis seorang mahasiswa asing di Weibo. “Akhirnya bisa pulang!” (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home