Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:09 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Cile Melaju Perempat Final Piala Amerika, Gulung Bolivia 5-0

Salah satu gelandang Cile, Arturo Vidal (kaus merah, atas) berebut bola dengan gelandang Bolivia, Marcelo Martins (bawah). (Foto: fifa.com).

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Cile menang besar dengan skor 5-0 atas Bolivia pada laga penyisihan terakhir Grup A Copa America (Piala Amerika) 2015 yang berlangsung Sabtu (20/6) pagi WIB di Stadion Nacional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Cile.

Menurut klasemen akhir Grup A di ca2015.com, Cile memastikan diri menjuarai Grup A dengan raihan 7 poin hasil dari 3 kali bertanding, 2 kali menang, dan satu kali imbang. Bolivia ada di urutan kedua dengan raihan nilai 4, hasil dari 3 kali bertanding 1 kali menang 1 kali imbang dan 1 kali kalah, Bolivia mendampingi Cile lolos perempat final.

Perempat final akan digelar mulai Kamis (25/6) sampai dengan Minggu (28/6) pagi WIB, semi final akan dipertandingkan Selasa (30/6) dan Rabu (1/7) pagi WIB. Partai puncak akan digelar Minggu (5/7) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan Cile vs Bolivia

Cile mendapat gol dari skema serangan balik cepat di menit ketiga, yang berawal dari kegagalan gelandang Bolivia, Martin Smedberg, mengeksekusi bola tendangan bebas dengan sempurna. Bola direbut dengan sundulan oleh para pemain Cile, Gary Medel, memberi bola dengan cepat ke Eduardo Vargas, dan Vargas melihat Charles Aranguiz berada dalam posisi tidak terjaga. Aranguiz langsung menyundul bola lambung dari Vargas guna menjebol gawang Bolivia yang dijaga Romel Quinonez.

Alejandro Chumacero menciptakan peluang berbahaya bagi Bolivia di menit ke-15, namun bola yang hendak dia berikan ke kotak penalti Cile masih digagalkan bek Cile, Mauricio Isla, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Pada menit ke-19 Cile berpeluang menggandakan keunggulan lewat Alexis Sanchez. Penyerang yang bermain di Arsenal (Inggris) ini mendapat peluang dari Jorge Valdivia, gagal menjebol gawang Bolivia, karena Romel Quinonez beraksi dengan sigap dan cekatan menepis bola.

Jorge Valdivia memberi andil dalam keunggulan Cile pada menit ke-37. Gelandang yang bermain di klub Palmerias (Liga Brasil) ini saling mengumpan bola dengan Alexis Sanchez. Valdivia dengan akurat mengembalikan bola ke Alexis, walau penyerang Cile ini dikawal bek Bolivia, Cristian Coimbra, namun Alexis dengan akurat dan tenang membobol gawang Bolivia.

Babak kedua, Cile menambah gol dari Charles Aranguiz pada menit ke-51. Proses gol ketiga Cile – dan gol kedua bagi Aranguiz – tercipta dari skema serangan di sisi kiri lini penyerangan yang dibangun oleh Mauricio Isla dan  Matias Ariel Fernandez.

Sejak kebobolan tiga gol, Bolivia gagal membangun skema serangan dengan rapi, apalagi bola jarang melewati area garis tengah permainan, dan Cile selalu berhasil mengagalkan penguasaan bola Bolivia.

Gary Medel semakin menambah rasa percaya diri Cile. Gelandang Cile ini menambah gol keempat yang tercipta menit ke-79.

Cile memastikan kemenangan menjadi 5-0 lewat gol bunuh diri yang diciptakan Ronald Raldes, bek Bolivia ini melakukan kesalahan antisipasi bola silang dari sayap kanan Cile, Angelo Jose Henriquez Iturra.

Susunan Pemain:

Cile:  Claudio Bravo,  Mauricio Isla,  Gary Medel,  Gonzalo Jara,  Jean Beausejour,  Charles Aránguiz,  Marcelo Díaz,  Arturo Vidal,   Alexis Sánchez,   Eduardo Vargas,  Jorge Valdivia.

Bolivia: Romel Quinonez, Edemir Rodríguez, Ronald Raldes,  Cristian Coimbra,  Leonel Morales, Wálter Veizaga,   Alejandro Chumacero,  Martin Smedberg, Ricardo Pedriel, Pablo Escobar, Marcelo Moreno. (ca2015.com/soccerway.com).    

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home