Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:20 WIB | Selasa, 08 September 2015

Depok Resmikan Penggunaan Bus Transjabodetabek

Seorang penumpang memasuki bus Transjabodetabek di salah satu halte Transjabodetabek Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat, hari Senin (7/9). Menurut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi akan ada penambahan armada bus Transjabodetabek sebanyak 8 armada bus yang mulai di operasikan di Koridor IV dengan melayani rute Harapan Indah-Bekasi-Pasar Baru, Jakarta yang sebelumnya hanya 10 armada bus Transjabodetabek (Foto: Antara)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Depok, resmi meluncurkan bus Transjabodetabek di Terminal Terpadu Kota Depok, Jawa Barat untuk melayani para penumpang dari Kota Depok.

"Layanan bus Transjabodetabek sepenuhnya memberikan sarana perjalanan bagi komuter dari wilayah sekitar Jakarta dan terintegrasi dengan layanan bus Transjakarta. Pola ini memberikan keselarasan intermoda," kata Direktur Utama Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) Kementerian Perhubungan,  Pande Putu Yasa dalam acara peluncuran bus Transjabodetabek di Depok, hari Senin (7/9).

Bus Transjabodetabek ini,  adalah salah satu pengembangan angkutan bus rapid transit di 34 kota. Layanan bus Transjabodetabek yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan tersebut sebanyak 28 unit.

Adapun untuk rute perjalanan koridor bus Transjabodetabek dimulai dari Terminal Kota Depok - Juanda - Tol Cijago - Tol Jagorawi - Cawang atau PGC - Grogol. Bus Tranjabodetabek ini dengan tarif Rp 9 ribu.

Dikatakannya dengan menggunakan bus ini, warga Depok secara langsung dapat menggunakan fasilitas pada bus Transjakarta tanpa mengeluarkan biaya tambahan, karena sudah diintegrasi langsung dengan jalur busway.

Bus tersebut, seluruhnya dilengkapi dengan sistem informasi teknologi komunikasi berupa sistem pembayaran e-ticketing kartu PPD Parama, dengan kemudahan isi ulang saldo di dalam bus, global positioning system (GPS), Close Circuit Television (CCTV), Bus Management System, dan akan dilengkapi dengan automatic passanger couting serta passanger information system.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan dengan adanya layanan bus Transjabodetabek ini warga Depok bisa beralih dari menggunakan mobil pribadi menjadi menggunakan bus tersebut.

"Bus ini juga memberikan keamanan dan kenyamanan yang baik," katanya.

Dengan menggunakan layanan bus Transjabodetabek tersebut diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home