Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:15 WIB | Jumat, 22 Mei 2015

Di India, Warga Negara Berhak Miliki Fasilitas Jalan yang Baik

Perbaikan jalan di Mumbai, India, yang banyak kerusakan dan memakan korban luka maupun jiwa. (Foto: bbc.co.uk/epa)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM – Kondisi jalan raya yang rusak parah dan memakan korban luka maupun jiwa di Mumbai, India, mendorong pengadilan tinggi di Mumbai pada Kamis (21/5 ) mengeluarkan putusan yang menyatakan bahwa memperoleh fasilitas kondisi jalan yang baik merupakan hak dasar warga negara. Pengadilan menyebutnya bagian dari "hak untuk hidup" yang dijamin undang-undang dasar di India.

Putusan itu dikeluarkan dalam persidangan yang diselenggarakan tanpa tuntutan hukum dari pihak mana pun (suo moto), demi untuk kepentingan publik.

Dalam catatannya, hakim menyatakan, banyak jalan dengan kondisi sangat buruk dan berlubang ditemukan di Negara Bagian Maharashtra, yang menjadi penyebab kecelakaan yang mengakibatkan kematian.

Dengan pengakuan itu, warga negara yang mengalami kecelakaan akibat buruknya kondisi jalan, akan berkesempatan mengajukan tuntutan hukum untuk meminta kompensasi kepada pemerintah setempat.

Majelis hakim juga memutuskan untuk memerintahkan kepada pihak otorita pengelola jalan dan transportasi di negara bagian itu memperbaiki kondisi jalan tersebut. “Warga memiliki hak mendasar untuk jalan yang baik,“ kata Pengadilan Tinggi Bombay. 

"Semua perusahaan kota harus memelihara jalan-jalan yang berada dalam yurisdiksinya, dalam kondisi yang baik dan benar. Ini akan menjadi tanggung jawab mereka untuk memastikan bahwa lubang dan parit dikelola dengan benar, dan pada saat perbaikan jalan menampilkan perincian nama lembaga yang melakukan pekerjaan menggali, dan periode waktu penyelesaiannya," kata pengadilan.

Pengadilan lebih lanjut menyatakan, alasan pemerintah yang menyebutkan jalan buruk karena hujan deras, tidak dapat diterima karena musim hujan terjadi setiap tahun. Pengadilan juga mengarahkan badan sipil di negara bagian, Mumbai Port Trust, menyediakan mekanisme untuk memungkinkan warga mengajukan keluhan tentang buruknya kondisi jalan.

"Fasilitas menerima pengaduan harus dilakukan sepanjang tahun. Website harus dirancang sedemikian rupa sehingga warga dapat meng-upload foto dari jalan, dan juga menyampaikan keluhan mereka," kata pengadilan.

"Kecuali ada mekanisme yang lebih efektif diberikan kepada warga untuk mengajukan keluhan," kata pengadilan.  (bbc.co.uk/dnaindia.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home