Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 18:11 WIB | Kamis, 07 November 2013

Dinas Kebersihan Belanja Kendaraan Angkut Sampah Lewat E-Katalog

Unu Nurdin. (Foto: Kartika V)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin menjelaskan e-katalog untuk Dinas Kebersihan adalah kendaraan dan peremajaan kendaraan untuk mengangkut sampah.  Ia menjelaskan di kantornya (7/11).

E-katalog adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia Barang/jasa Pemerintah.

Sebelumnya peremajaan kendaraan dilakukan melalui tender yang harus negosiasi harga terlebih dahulu, tapi setelah sistem e-katalog, tidak seperti itu lagi. Dengan e-katalog ini anggaran bisa dihemat untuk keperluan lainnya sebesar 4,5 persen. 

Saat ini Unu mengatakan sudah dilakukan peremajaan untuk 92 kendaraan, yang saat ini masih dalam proses tersebut. Kendaraan untuk angkut sampah yang melalui e-katalog seperti hyper, truk konvektor, dump truck, yang ada sekarang baru 35 unit kendaraan.

Mengenai 35 kendaraan yang baru diremajakan ini, ketika dikonfirmasi Unu mengakui bahwa memang ada kendala belum terserapnya anggaran untuk keperluan belanja dan perawatan kendaraan angkut sampah.

Sistem ini akan diberlakukan setiap tahun. Peremajaan akan dilakukan secara bertahap dari sekitar 732 kendaraan yang ada, yang 506 sudah berumur 10 tahun, 35-38 tahunan.

Meskipun Unu menuturkan kendaraan ini tetap dirawat dengan baik, tapi faktor usia kendaraan tetap tidak bisa dibohongi, butuh peremajaan yang anggarannya sebesar 40 miliar rupiah untuk 92 kendaraan ini, berdasarkan informasi Unu.  


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home