Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 15:45 WIB | Selasa, 24 Maret 2015

DKI Sibuk Jelang KTT Asia-Afrika ke-60

Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Sylviana Murni saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/3) sore. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Selain Kota Kembang Bandung, DKI Jakarta juga akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KTT-AA) ke-60.

Rencananya, sebanyak 109 pemimpin negara akan menyambangi Indonesia April mendatang, namun hingga kini menurut Deputi Gubernur bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Sylviana Murni, pemimpin negara yang mengonfirmasi akan datang baru sebanyak 30 orang.

Mengingat posisi penting Jakarta sebagai kota tujuan kedua setelah Bandung, Pemprov pun sibuk menyiapkan berbagai hal termasuk kemanan, ketertiban, dan promosi pariwisata.

Persiapan DKI pun dijelaskan Sylviana telah menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan, termasuk penyediaan hotel dan perbaikan jalan.

“Semua sedang jalan, lagi on going,”ujar Sylviana saat ditemui di Bali Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/3) sore.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun telah memerintahkan PU Binamarga menambal jalan MH Thamrin hingga Sudirman yang berlubang.

Selain menambal jalan, Gubernur DKI juga mengistruksikan pemasangan sticker heritage KTT-AA 60 tahun lalu di bedding MRT.

 “Ada juga siswa SMP membawa bendera dari negara-negara anggota KTT-AA dari ujung JCC, ada 1000 lebih siswa untuk mengibarkan bendera KTT,” ujar Sylviana.

Pemprov juga telah menyiapkan sebanyak 18 hotel yang akan disewa untuk keperluan KTT-AA.

“Kemudian Dishub juga siap untuk mengamankan jalur lalu lintas, pokoknya kita membuat bagaimana delegasi ini nyaman. Pak Gubernur juga sudah sampaikan bagaimana Indonesia khususnya Jakarta aman. Aparat gabungan Polri TNI juga semua turun,” Sylviana menjelaskan.

Pengamanan pun akan terus dilakukan sepanjang delegasi-delegasi tersebut berada di tanah Air.

Bahkan, Siviana mengatakan pihak Pemprov DKI siap melakukan pengamanan jika tamu-tamu negara ini akan berkunjung di lokasi-lokasi wisata di Jakarta.
tempat wisata di Jakarta memang telah disiapkan menyambut KTT-AA ke-60 sebagai salah satu bagian promosi negara.

“Kita persiapan kalau mereka ke tempat-tempat wisata silakan, termasuk hosplitality. Semua yang ada di Jakarta tempat wisatanya kami siapkan. Para SKPD nya tentu saja siap. Pengalihan jalur kalau dibutuhkan juga pasti ada,” kata Silviana.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menekankan DKI fokus merapikan jalan-jalan utama yang akan dilalui para delegasi negara.

Sementara, ia juga memastikan persiapan KTT-AA ini tidak terganggu kisruh APBD yang tengah terjadi di tubuh Pemprov DKI. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home