Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:58 WIB | Rabu, 13 Juli 2016

DPD Minta Kapolri Baru Lanjutkan Reformasi Polri

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Farouk Muhammad. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Farouk Muhammad, meminta Kapolri Baru Komjen Tito Karnavian melanjutkan proses reformasi Polri dan membangun sistem di lingkungan kepolisian.

“Kapolri baru harus mampu menunjukkan komitmennya dalam melakukan pembenahan internal Polri secara sistemik dan pelayanan publik yang semakin terjangkau berbasis IT,” kata Farouk Muhammad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (13/7).

Mantan Gubernur PTIK itu memberikan catatan, pekerjaan rumah terbesar Tito bukan hanya mampu menunjukkan diri sebagai Kapolri yang kompeten, tapi juga harus mampu membawa institusi kepolisian membangun sistem yang dapat meningkatkan kualitas layanan dan menekan abuse of power dengan membangun polisi yang profesional dan amanah.

“Jangan ukuran keberhasilan Polisi dilihat dari kemampuannya dalam mengungkap perkara atau kasus saja. Tapi, jauh lebih penting keberhasilannya karena mampu meminimalisir keluhan masyarakat terkait gangguan keamanan (kriminalitas) dan pelayanan Polisi, secara kualitas maupun abuse of power,” kata dia.

Doktor Kriminologi lulusan University of Florida itu juga menambahkan titik berat pembenahan dan pembangunan polres (polisi resor), serta memastikan bahwa mekanisme pembinaan karier personel benar-benar dijalankan secara merit system.

Presiden Joko Widodo melantik Komjen Tito Karnavian menjadi Kepala Polri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti pada hari Rabu (13/7). Badrodin, memasuki masa pensiun.

DPR menyetujui Tito sebagai Kapolri dalam sidang paripurna, pada hari Senin (27/6). Persetujuan pada sidang paripurna DPR ini merupakan tindak lanjut dari hasil uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III. Secara aklamasi, seluruh fraksi di Komisi III DPR menyatakan Tito lolos uji kelayakan dan kepatutan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home