Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:35 WIB | Senin, 15 Desember 2014

DPR Siap “Potong Gaji” Demi Longsor Banjarnegara

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah) berjalan di atas lumpur saat mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (13/12). Ganjar menghimbau warga yang tinggal di kawasan rawan longsor untuk waspada serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena cuaca masih memungkinkan terjadinya pergerakan tanah. (Foto: Antara/Anis Efizudin)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyampaikan rasa belasungkawa atas bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat (12/12). Wakil rakyat dari Fraksi PKS itu juga menyampaikan tengah mengkoordinasikan pengalokasian dana sumbangan kemanusiaan yang berasal dari masing-masing kantong Anggota dan Pemimpin DPR.

“Kami (Pemimpin DPR) belasungkawa dengan bencana alam tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Saat ini, kami tengah menguumpulkan bantuan dana kemanusian yang berasal dari potongan gaji anggota dewan,” kata dia saat di temui di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/12).

Fahri juga menyampaikan akan memimpin rombongan Anggota DPR lainnya menuju lokasi bencana alam tersebut pada Selasa (16/12). “Semoga besok saya akan menyampaikan bantuan yang telah dikumpulkan pada pemerintah daerah setempat,” kata dia.

Ditemui di tempat terpisah, Ketua DPR Setya Novanto meminta seluruh anggota dewan yang berada di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah untuk segera meninjau langsung  bencana tanah lonsor di Banjarnegara.

"Situasi Banjarnegara tentu memprihatinkan sekali dan saya sudah minta anggota DPR yang di dapil Jateng untuk segera meninjau langsung keadaan di sana," ujar Novanto.

Pemimpin DPR, lanjut dia, juga akan langsung melihat ke lokasi untuk memberikan bantuan dan melakukan evaluasi secepatnya.  Setnov memastikan bahwa DPR tetap mengkaji mengenai bencana ini, meski saat sedang reses.

"Tentu komisi yang membidangi bencana alam bisa mencari apa yang bisa dilakukan, smoga bisa berjalan sebaik-baiknya, ini kewajiban anggota DPR," kata wakil rakyat Fraksi Partai Golkar itu.

"Hari ini kita sedang undang semua, rapat evaluasi dan segera memberangkatkan pimpinan ke Banjarnegara," Novanto menambahkan.

Sebelumnya, pada Minggu (14/12), Presiden Jokowi telah mengunjungi korban longsor di Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Wijayanto mengatakan, kunjungan Presiden untuk melihat langsung lokasi bencana yang sudah merenggut korban puluhan jiwa.

“Presiden akan memberikan arahan tentang mobilisasi sumber daya untuk aksi tanggap cepat  bencana, untuk menata kembali ekosistem di wilayah-wilayah rawan longsor,” kata Andi.

Seskab juga menyampaikan sejumlah menteri telah hadir seperti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sejak Sabtu (13/13) sudah di lokasi bencana untuk melakukan aksi tanggap darurat penanganan bencana.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home