Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 17:23 WIB | Senin, 18 Juli 2016

Dubes AS Sarankan Indonesia Tingkatkan Potensi Pendidikan

Robert O Blake. (Foto: antarajateng.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake, menyarankan kepada Indonesia agar meningkatkan potensi-potensi di bidang pendidikan.

"Pendidikan adalah investasi masa depan bagi bangsa. Hal tersebut bisa berdampak besar bagi perkembangan negara, dan Indonesia memiliki potensi itu, secara anggaran mungkin bisa ditingkatkan," kata Robert O Blake ketika hadir dalam perpisahan masa jabatannya di Ruang Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Senin (18/7).

Dari beberapa pandangan yang ia berikan kepada Indonesia menjelang akhir jabatannya, Blake lebih banyak menyoroti soal pendidikan karena menurutnya Indonesia perlu menyiapkan pendidikan bertaraf internasional.

Selain itu ia juga memberi masukan agar Indonesia lebih kuat dalam menjalin konektivitas antarnegara, terutama di wilayah Asia-Pasifik.

"Posisi Indonesia di kawasan Asia-Pasifik sangatlah strategis dan itu adalah keuntungan lebih, apabila bisa menjalin lebih kuat dan maksimal maka secara ekonomi Indonesia akan memperoleh keuntungan lebih," katanya.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan juga memberikan dampak bagus dari sumberdaya alam dan budayanya, itu membuat kekayaan Indonesia melimpah.

Sebelumnya, Blake juga berharap Indonesia ke depan lebih memperhatikan mengenai hak minoritas untuk mendukung demokrasi yang lebih baik.

Ia menuturkan banyak negara besar yang demokratis dapat melindungi hak minoritas, misalnya hak LGBT.

Menurut dia, demokrasi Indonesia sudah berkembang sejak 1998 dan Tanah Air bisa mengoreksi masalah yang dihadapi, misalnya korupsi.

Selain fokus meningkatkan ekonomi dan mengurangi kemiskinan, Dubes mengapresiasi keaktifan Indonesia mendukung perdamaian dunia, mengatasi ekstremis, mempromosikan perdagangan bebas dan menjalankan hukum internasional.

Dubes Blake akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Duta Besar di Indonesia dan untuk sementara akan digantikan Wakil Dubes Brian McFeeters. Ia mengaku belum mengetahui apa yang akan dilakukan setelah kembali ke Negeri Paman Sam.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home