Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:31 WIB | Senin, 11 Juli 2016

Eder Senang Bawa Portugal Juara Piala Eropa

Eder Senang Bawa Portugal Juara Piala Eropa
Pemain Portugal bersuka cita di Stadion de France, Saint Denis karena memenangkan Piala Eropa 2016. (Foto-foto: uefa.com).
Eder Senang Bawa Portugal Juara Piala Eropa
Pemain Portugal bersuka cita di Stadion de France, Saint Denis karena memenangkan Piala Eropa 2016.

SAINT DENIS, SATUHARAPAN.COM – Gelandang Portugal, Ederzito Antonio Macedo Lopes (Eder) senang mampu membawa Portugal menjuarai Piala Eropa untuk pertama kalinya.

Dalam laga final Piala eropa 2016, hari Senin (11/7) dini hari WIB, di Stadion de France, Saint Denis, gol tunggal Eder di menit ke-109 membawa tim asuhan Fernando Santos tersebut memenangi laga atas Prancis dengan skor 1-0.

Bagi Portugal, ini adalah gelar pertama mereka di ajang Piala Eropa dan gelar perdana di turnamen internasional besar.

“Saya gembira karena kami membuktikan jika berjuang harus dengan kekuatan yang besar,” kata Eder, setelah pertandingan seperti diberitakan situs resmi Asosiasi Sepak Bola Eropa, uefa.com.

Pesepak bola berusia 28 tahun tersebut menambahkan bahwa keberhasilan Portugal karena seluruh anggota tim mau bekerja keras mempertahankan gawang Portugal dari serangan Prancis, dan tidak hanya kegemilangan satu pemain saja.

“Saya pikir kami pantas mendapatkan gelar ini karena semua pemain dan staf Portugal telah lama menginginkan piala ini,” kata pemain yang setiap hari berlaga di klub OSC Lille (Liga Prancis) tersebut.

Partai final antara Prancis menghadapi Portugal harus diselesaikan dengan tambahan waktu, karena  selama 2 x 45 menit laga berakhir imbang tanpa gol.

Portugal bahkan cenderung bermain bertahan sepanjang pertandingan karena pada menit ke-26, penyerang andalan mereka, Cristiano Ronaldo mengalami cedera parah karena diganjal gelandang Prancis, Dimitri Payet.

Ronaldo ditandu keluar lapangan dan Fernando Santos memasukkan Ricardo Quaresma menggantikan Ronaldo.

Eder sesungguhnya bukan pemain pilihan utama pelatih Portugal, Fernando Santos. Eder baru masuk menit ke-79 menggantikan gelandang Portugal lainnya, Renato Sanches.

Saat waktu menunjukkan menit ke-109,  Eder tampil sebagai pahlawan Portugal. Striker Lille itu menjebol gawang Prancis dengan menendang bola dari luar kotak penalti.  

Perjalanan Portugal ke Final :

Grup F:

Hari Rabu (15/6): Portugal 1-1 Islandia.

Hari Minggu (19/6): Portugal 0-0 Austria.

Hari Rabu (22/6): Hungaria 3-3 Portugal.

Perdelapan Final:

Hari Minggu (26/6): Kroasia 0-1 Portugal.

Perempat Final:

Hari Jumat (1/7): Portugal 5-3 Polandia (adu penalti).

Semi Final:

Hari Kamis (7/7): Portugal 2-0 Wales. (uefa.com).  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home