Loading...
FOTO
Penulis: Bayu Probo 13:07 WIB | Jumat, 14 Maret 2014

Foto Masyhur Dibuat Selfie

Foto Masyhur Dibuat Selfie
Pangeran William and Catherine Middleton pada hari penikahan mereka, 29 April 2011. Inset menunjukkan foto asli sebelum direkayasa. (Foto-foto: Cape Times)
Foto Masyhur Dibuat Selfie
Foto tahun 1954 ini merekayasa Jacqueline Kennedy menjadi narsis.
Foto Masyhur Dibuat Selfie
Perdana Menteri Britania Raya, Winston Churchill, tidak luput dikerjai.
Foto Masyhur Dibuat Selfie
Beyers Naud and Desmond Tutu narsis juga.
Foto Masyhur Dibuat Selfie
Ciuman kebahagiaan di Times Square setelah Perang Dunia II berakhir.

SATUHARAPAN.COM – Media di Afrika Selatan, Cape Times, mengubah foto-foto masyhur menjadi foto “selfie”. Sebuah sindiran bagi banjir foto selfie para tokoh dunia.

Akhir-akhir ini banyak tokoh tergila-gila foto “selfie”. Obama, Paus Fransiskus, bahkan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Obama tertangkap kamera media sedang berfoto selfie dengan perdana menteri Denmark, Helle Thorning-Schmidt, di tengah upacara pemakaman mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela.

Foto selfie para selebritis yang hadir di penyerahan Oscar pada Academy Award 2014 menjadi foto pertama yang di-retweet sejuta kali. Dan, yang terakhir adalah foto selfie korban pesawat gagal tinggal landas US Airways, Kamis malam (Jumat (14/3 WIB).

Media massa Afrika Selatan, Cape Times, menangkap ini dengan mengubah foto-foto klasik headline di koran mereka menjadi foto selfie. Bayangkan jika Jacqueline Kennedy dan Winston Churchill berfoto selfie, ini dia jadinya.

Menurut wikipedia.org, Foto selfie adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau telepon kamera. Ini sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial. Di industri hiburan Korea, istilah yang digunakan adalah selca (singkatan untuk self camera).

Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Foto narsisis yang melibatkan beberapa orang disebut dengan "foto selfie kelompok".

Pada 2013, kata selfie secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring, dan November 2013, Oxford Dictionary menobatkan kata ini sebagai Word of the Year tahun 2013, menyatakan bahwa kata ini berasal dari Australia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home