Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 13:48 WIB | Rabu, 17 Agustus 2016

Gabungan Musik TNI Meriahkan Upacara HUT ke-71 RI

Dalam rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, sebanyak 275 personel Satuan Korps Musik (Satkorsik) Gabungan dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri dibawah pimpinan Mayor Caj Sutomo akan mengiringi prosesi pelaksanaan Upacara HUT ke-71 RI tahun 2016.(Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dalam rangka menyambut detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2016, Gabungan Musik TNI akan mengiringi pelaksanaan Upacara HUT ke-71 RI di Istana Negara, Jakarta Pusat.

 Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Tatang Sulaiman di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari Selasa (16/8) mengatakan bahwa dalam rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, sebanyak 275 personel Satuan Korps Musik (Satkorsik) Gabungan dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri di bawah pimpinan Mayor Caj Sutomo akan mengiringi prosesi pelaksanaan Upacara HUT ke-71 RI tahun 2016.

Peranan Satkorsik dalam upacara sangat menentukan yaitu memberikan tanda maupun saat mengalunkan lagu untuk menambah kehikmatan jalannya upacara.

Tanda-tanda yang diiringi oleh alat tiup dan pukul Korsik diberikan dalam mendukung kegiatan tanda kumpul, tanda siap, penghormatan kebesaran, laporan komandan upacara dan tanda kebesaran buka dan tutup.

Kemudian, lagu tersebut dialunkan untuk mengiringi kegiatan mengheningkan cipta, penghormatan kepada bendera Merah Putih (lagu Indonesia Raya), Andika Bayangkari dan Mars Pahlawan.

Bertindak sebagai konduktor pada upacara kenaikan bendera Merah Putih yaitu Mayor Laut (KH) Suwarko yang sehari-hari menjabat sebagai Dandensik Lanmar Jakarta, sedangkan konduktor penurunan bendera adalah AKP Suyatno jabatan Kanit Sikpol.

Kapuspen TNI mengatakan, di samping penampilan Gabungan Musik TNI juga berkolaborasi  untuk memeriahkan acara bersama dengan penampilan 69 orang dari Orkestra Gita Bahana Nusantara yang akan mengiringi Paduan Suara dari 135 Putra/Putri Terbaik lulusan dari 34 Provinsi, ditambah 400 pelajar dari SMPN 3 Tangerang, SMP Al-Azhar Bogor, SMP Mardi Yuwana Depok, SMP Marsudirini, SMP 12 Kota Bekasi, SMP Tarakanita 4, SMP St. Yakobus dan SMPN 1 Jakarta.

Orkestra Gita Bahana Nusantara dipimpin konduktor Purwa Caraka dan konduktor pendamping Septa Kesvara, menampilkan lagu Hari Merdeka, Penghargaan Untukmu, Medley Nusantara dan Syukur. Mereka akan membawakan lagu-lagu bernuansa patriotik guna meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Khusus lagu ‘Penghargaan Untukmu’ yang diciptakan oleh Jenderal TNI (Purn) AM Hendro Priyono, bahwasanya lagu tersebut bercerita tentang cinta bangsa dari seorang putra negara, melahirkan dorongan kuat untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia bangkit dan segera maju meraih prestasi yang membanggakan di kancah bangsa-bangsa lain di dunia.

“Rasa bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh putra bangsa, dituangkan dalam lagu tersebut,” kata dia.

“Persiapan yang dilakukan oleh TNI dan Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016 telah dilakukan jauh-jauh hari dengan sebaik-baiknya, demi terlaksananya kegiatan upacara dengan baik,” kata dia menambahkan. (PR)                                        

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home