Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:59 WIB | Jumat, 19 Juni 2015

Gol Pizarro Menangkan Peru Atas Venezuela

Cristian Cueva, gelandang Peru (kiri), dan Juan Vargas (kanan) merebut bola dari Ronald Vargas. (Foto: fifa.com)

VALPARAISO, SATUHARAPAN.COM – Gol penyerang Claudio Pizarro membawa Peru meraih kemenangan atas Venezuela dengan skor 1-0 pada pertandingan penyisihan Grup C Copa America (Piala Amerika) 2015 yang berlangsung Jumat (19/6) pagi WIB di Stadion Elfas Figueroa Brander, Valparaiso, Cile.

Pizarro bermain 90 menit penuh dan berulang kali membahayakan gawang Venezuela, hingga dia dapat mempersembahkan gol yang terjadi di menit ke-72 setelah striker yang bermain di Bayern Munchen tersebut menerima umpan dari rekannya, Cristian Cueva dan melewati pengawalan bek Venezuela, Oswaldo Vizcarrondo.

Salah satu gelandang Peru, Joel Sanchez mencoba penetrasi sendirian di menit kelima yakni dengan menggiring bola melewati beberapa pemain belakang Venezuela, akan tetapi usahanya gagal karena bola dihalau beberapa pemain belakang Venezuela, Roberto Rosales dan Oswaldo Vizcarrondo.  

Peru kembali mencoba mengedor pertahanan Venezuela, kali ini kerja sama Paolo Guerrero dan rekannya, Juan Vargas saat bola hendak diberikan ke penyerang Peru lainnya, Claudio Pizarro bola terlebih dahulu dihalau jauh dari kotak penalti Venezuela oleh Luis Seijas.

Venezuela ketiban sial, menit ke-29 salah satu gelandangnya Fernando Amorebieta yang merebut bola dari kendali Paolo Guerrero dengan kasar dan brutal.

Venezuela kesulitan mencari peluang menyerang, bahkan setelah mereka hanya bermain dengan sepuluh orang mereka mendapat ancaman bola berbahaya ke penjaga gawang Venezuela,  Alain Baroja. Salah satu ancaman tersebut terjadi dua menit menjelang babak pertama selesai lewat eksekusi tendangan bebas Claudio Pizarro, striker Peru yang bermain di Bayern Munchen ini menendang bola namun arahnya melebar dari gawang Venezuela.

Babak kedua Venezuela sempat menebar ancaman menit ke-53 saat Tomas Rincon mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti, walau bola sesungguhnya tepat ke arah rekannya, Alejandro Guerra namun bola sundulan Guerra malah menjauh dari sasaran.

Menit ke-71 Venezuela meraih peluang mencetak gol dari serangan balik, akan tetapi bola yang dikuasai Ronald Vargas yang bekerja sama dengan rekannya, Alejandro Guerra masih dapat digagalkan bek Peru, Luis Advincula.

Semenit kemudian Venezuela kecolongan, pertahanan Venezuela yang semula rapat tertembus oleh bola datar yang disodorkan gelandang peru, Cristian Cueva ke arah kotak penalti Venezuela, saat hendak direbut Vizcarrondo bola terlebih dahulu disergap Claudio Pizarro, penyerang yang bermain di Bayern Munchen (Jerman) ini dengan tenang menaklukkan penjaga gawang Venezuela, Alain Baroja. Gol Pizarro merupakan gol satu-satunya yang menghantarkan Peru meraih kemenangan dengan skor 1-0.

Susunan Pemain:

Peru: Pedro Gallese,  Luis Advincula,  Carlos Zambrano,  Carlos Ascues,  Juan Vargas,  Josepmir Ballón,  Christian Cueva,  Carlos Lobaton,  Joel Sánchez,  Paolo Guerrero,  Claudio Pizarro.

Venezuela:  Alain Baroja,  Roberto Rosales, Oswaldo Vizcarrondo,  Andres Tunez, Fernando Amorebieta, Luis Seijas,  Juan Arango, Tomas Rincon,  Ronald Vargas, Alejandro Guerra,  Salomón Rondón. (ca2015.com/eurosport.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home