Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 14:11 WIB | Selasa, 27 September 2016

Hasil Awal Debat Capres AS: Clinton Menang Besar atas Trump

Trump vs Clinton (Foto: voaindonesia.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM -  Hillary Clinton dianggap pemenang debat Senin malam waktu setempat atau Selasa pagi di Jakarta, oleh 62 persen peserta yang dipilih untuk menonton acara debat itu.  Sementara hanya 27 persen yang mengatakan Donald Trump yang menang.

Ini hasil polling yang diselenggarakan oleh CNN/OR.

Kekalahan Trump ini digambarkan mirip dengan kekalahan yang dialami oleh Mitt Romney atas Presiden Barack Obama dalam debat capres pertama 2012.

Pemilih yang menonton mengatakan Clinton menyatakan pandangannya lebih jelas daripada Trump. Clinton juga dinilai memiliki pemahaman yang lebih baik atas berbagai masalah dengan perbandingan 2 berbanding 1.

Clinton juga dipandang telah melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengatasi kekhawatiran pemilih tentang potensinya sebagai presiden, dengan perbandingan 57 persen dan 35 persen, dan sebagai pemimpin kuat dengan perbandingan 56 persen dan 39 persen.

Perbedaan keunggulan Clinton mengecil manakala ditanyakan perihal siapa yang lebih dapat dipercaya. Sebanyak  53 persen pemilih mengatakan Clinton lebih tulus versus 40 persen yang merasa Trump  lebih baik.

Survei juga menunjukkan Clinton mengungguli harapan orang-orang yang menonton. Sementara pada wawancara pra-debat menunjukkan Clinton diharapkan akan menang dengan margin 26 poin, pasca debat survei justru menunjukkan ia menang 35 poin.

Namun, sekitar setengah dari peserta jajak pendapat mengatakan perdebatan ini tidak memiliki efek pada rencana pilihannya, 47 persen mengatakan tidak membuat perbedaan, namun mengatakan akan cenderung pindah ke Clinton, 34 persen mengatakan perdebatan membuat mereka lebih cenderung untuk memilih Clinton dan 18 mengatakan lebih mungkin untuk kembali Trump.

Dalam hal isu, pemilih yang menyaksikan secara luas mengatakan Clinton akan melakukan pekerjaan yang lebih baik menangani kebijakan luar negeri, sedangkan Trump lebih baik dalam menangani isu ekonomi.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home