Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:07 WIB | Rabu, 08 Oktober 2014

Hugh Jackman Kampanye Cegah Kanker Testis

Hugh Jackman (paling kiri) bersama rekan-rekannya meremas buah zakar sebagai bentuk kampanye pencegahan kanker testis. (Foto: Twitter @RealHughJackman)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pemeran tokoh Wolverine dalam serial film X-Men, Hugh Jackman melakukan kampanye kesehatan sosial terbaru untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang pencegahan kanker testis lewat media sosial. Dalam unggahan foto bersama ketiga rekannya di Twitter, Rabu (1/10), Jackman terlihat meremas buah zakar, sedangkan tangan kirinya diangkat sambil menampilkan wajah tersenyum.

"Aku menerima (tantangan) #feelingnuts untuk meningkatkan kesadaran akan kanker testis," tweet Jackman dalam akun Twitter-nya, @RealHughJackman, seperti dikutip dari NY Daily News.

Kanker testis adalah kanker paling umum pada laki-laki berusia 15-49 tahun, namun seringkali diabaikan. Padahal tingkat kesembuhannya mencapai 98 persen, dan hanya bisa terjadi bila terdeteksi sejak dini.

Konsultan onkologi dari Peter MacCallum Cancer Centre Profesor Guy Toner menyarankan agar para pria melakukan pemeriksaan testis rutin setiap bulan guna mengantisipasi adanya perubahan tertentu.

"Biasanya yang bagus itu dilakukan ketika mandi, saat skrotum dalam keadaan rileks," saran Toner.

Gejala yang paling umum dari kanker testis adalah munculnya benjolan pada testis yang (justru) tak terasa nyeri. Terkadang ada perubahan pada ukuran testis, atau testis maupun skrotumnya terasa nyeri.

Seperti Ice Bucket Challenge

Mirip dengan Ice Bucket Challenge, orang yang baru saja melakukan aksi meremas zakar ini kemudian bisa menominasikan atau menantang tiga teman lainnya untuk melakukan hal serupa. Saat diunggah ke media sosial, foto ini juga harus disertai hashtag atau tagar #feelingnuts.

Jackman lantas menominasikan tantangan yang sama kepada rekannya yang lain, di antaranya komedian Ricky Gervais (The Office) dan Neil Patrick Harris (How I Met Your Mother).

"Aku akan menominasikan @ActuallyNPH (Harris) @michaelstrahan @rickygervais (Gervais)," tweet Jackman.

Tak butuh waktu lama, dalam kurun satu jam, Gervais langsung menjawab tantangan tersebut dengan mem-posting fotonya tengah meremas buah zakar.

Namun, tantangan ini tak hanya berlaku untuk selebriti pria. Baru-baru ini pelantun lagu I Need Your Love, Ellie Goulding juga ikut mengunggah foto tengah berpura-pura meremas zakar, untuk menunjukkan dukungannya pada kampanye pencegahan kanker testis.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home